Skripsi
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI PADA MATERI MENGENAL HURUF ABJAD DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI KELOMPOK B PADA TK AYEUM MATA SAWANG KABUPATEN ACEH UTARA
XMLPengetahuan dan hasil belajar mengenal abjad pada anak TK Ayeum Mata masih
sangat rendah, hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru adalah metode
penghafalan dan ceramah. Sehingga anak hanya bisa menghafal secara berurutan
namun ketika abjad di acak anak tidak dapat mengenalnya. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi mengenal huruf abjad
melalui metode bernyanyi di TK Ayeum Mata Gampong Paya Gaboh Kecamatan
Sawang Kabupaten Aceh Utara tahun 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan melalui 4 tahapan yaitu
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di TK Ayeum
Mata Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara dengan bantuan 2 kolaborator
(Ibu Syarbani, S.Pd dan ibu Maimunah). Subyek penelitian ini sebanyak 18 anak
yang ada di kelas B. Indikator keberhasilan sebesar 75%. Teknik pengumpulan
data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan
rumus untuk mengetahui persentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa hasil awal pra tindakan adalah sebanyak 3 anak atau 17% yang
memperoleh nilai ketuntasan . Hasil belajar pada siklus I sebesar 72% atau 13
anak yang memperoleh nilai ketuntasan, pada siklus II sebesar 83% atau 15 anak.
Pada tindakan siklus II maka diperoleh peningkatan dengan didapatkan hasil yang
cukup baik, disebabkan banyaknya anak yang tuntas yaitu 15 anak dan 3 orang
yang tidak tuntas, sehingga tidak perlu adanya tindakan siklus berikutnya. Maka
dapat disimpulkan metode bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar anak dalam
materi mengenal huruf abjad.
Detail Information
Penulis |
KATIJAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142 108 612 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|