Skripsi
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEAKSARAAN MELALUI METODE TEKA-TEKI DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE
XMLLatar belakang masalah dalam penelitian ini adalah cara guru
mengenalkan huruf pada anak langsung menyebutkan bunyi huruf sambil
menunjuk huruf artinya masih menekankan pengajaran yang berpusat pada guru.
Selain itu, kurangnya media dan sumber belajar yang digunakan oleh guru untuk
menunjang pembelajaran mengenal huruf. Permasalahan lain yang terjadi adalah
metode yang digunakan oleh guru masih menggunakan metode konvensional dan
praktek-praktek paper-pencil test. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan
dapat diambil satu masalah umum yaitu: Bagaimanakah upaya meningkatkan
hasil belajar keaksaraan pada anak dengan menggunakan metode teka-teki di TK
Negeri Pembina Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe? Tujuan penelitian
ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar keaksaraan anak dengan metode tekateki di TK Negeri Pembina Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Adapun data yang
dikumpulkan dalam penelitian ini melalui nilai tes, observasi, wawancara, dan
catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian adalah murid kelompok B di TK
Negeri Pembina Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe yang bejumlah 20
orang. Dari hasil pelaksanaan penelitian yang telah dilaksanakan pada
pelaksanaan tindakan siklus I menunjukkan bahwa dari segi hasil, anak yang tidak
mencapai ketuntasan berjumlah 9 orang (45%) sedangkan anak yang mencapai
ketuntasan berjumlah 11 orang (55%). Di samping itu, berdasarkan hasil observasi
yang dilakukan oleh pengamat I dan II terhadap kegiatan guru diperoleh
persentase rata-rata adalah 82,3%, dengan demikian hasil pengamatan (observasi)
termasuk dalam kategori “cukup”. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan siklus
I tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tindakan siklus I
belum berhasil dan masih perlu dilakukan pengulangan siklus, sehingga peneliti
melakukan siklus II. Dari hasil pelaksanaan penelitian yang telah dilaksanakan
pada pelaksanaan tindakan siklus II menunjukkan bahwa dari segi hasil, anak
yang tuntas adalah 17 orang. Dengan demikian diperoleh persentase anak yang
tuntas adalah 85% dan 3 orang anak yang memperoleh nilai tidak tuntas adalah
15%. Di samping itu, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh pengamat I
dan II terhadap kegiatan guru diperoleh persentase rata-rata adalah 91,73%.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh pengamat I dan II terhadap
kegiatan guru diperoleh persentase rata-rata adalah 88,46%. Berdasarkan hasil
pelaksanaan tes, hasil observasi, dan hasil wawancara maka dapat disimpulkan
bahwa pelaksanaan tindakan siklus II sudah berhasil. Hal ini karena hasil anak
yang tuntas telah mencapai 85% dan hasil observasi telah tercapai 87,69%.
Dengan demikian pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
metode Teka Teki dapat meningkatkan aktivitas belajar mengajar serta
kemampuan murid kelompok B di TK Negeri Pembina dalam mengenal huruf
vokal.
Kata Kunci: Metode Pengenalan Huruf Vokal, Metode Teka Teki.
Detail Information
Penulis |
RUSMANIDAR - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108586 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|