Skripsi
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI DI TK PERTIWI LHOKSEUMAWE
XMLPenelitian ini beranjak dari yang terjadi di lapangan kenyataannya pada
anak-anak usia kelompok B di TK Pertiwi Lhokseumawe kurang ada minat
belajar ketika pembelajaran menyanyi, mereka sudah mulai jenuh dengan strategi
yang selama ini di terapkan guru yaitu: mendengar dan menghafal lagu. Berangkat
dari latar belakang masalah diatas maka penulis tertarik untuk melakukan
penelitian yang berjudul “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Konsep
Bilangan denga Menggunakan Metode Bernyanyi di TK Pertiwi Lhokseumawe.”
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mengenal
konsep bilangan dengan menggunakan metode bernyanyi di TK Pertiwi
Lhokseumawe. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
dengan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun data yang dikumpulkan dalam
penelitian ini melalui nilai anak, observasi, wawancara, dan catatan lapangan.
Sumber data dalam penelitian adalah anak kelompok B di TK Pertiwi
Lhokseumawe yang bejumlah 25 orang. Hasil penelitian pada siklus I
menunjukkan bahwa hasil anak yang tidak mencapai ketuntasan berjumlah 7
orang (28%) sedangkan anak yang mencapai ketuntasan berjumlah 18 orang
(72%), ditinjau dari segi aktivitas guru yang dilakukan oleh pengamat I diperoleh
persentase adalah 83,80% dan pengamat II diperoleh persentase adalah 84,76%.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh pengamat I dan II terhadap
kegiatan guru diperoleh persentase rata-rata adalah 84,28%, dengan demikian
hasil pengamatan (observasi) yang dilakukan oleh pengamat I dan II terhadap
kegiatan guru dan anak pada pelaksanaan siklus I termasuk dalam kategori
“cukup”. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa hasil anak yang tidak
mencapai ketuntasan berjumlah 3 orang (22%) sedangkan anak yang mencapai
ketuntasan berjumlah 22 orang (88%), ditinjau dari segi aktivitas guru
pelaksanaan tindakan siklus II yang dilakukan oleh pengamat I diperoleh
persentase adalah 986,66% dan pengamat II diperoleh persentase adalah 88,57%.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh pengamat I dan II terhadap
kegiatan guru diperoleh persentase rata-rata adalah 87,61%. Dengan demikian
metode bernyanyi dapat meningkatkan aktivitas belajar mengajar serta hasil
belajar mengenal konsep bilangan di TK Pertiwi Lhokseumawe.
Detail Information
Penulis |
CUT MUTIA ULFA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108609 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|