UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA ANGGOTA TUBUH MELALUI METODE BERNYANYI DI TK SAFIATUDDIN KUTABLANG LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA ANGGOTA TUBUH MELALUI METODE BERNYANYI DI TK SAFIATUDDIN KUTABLANG LHOKSEUMAWE

XML

Penelitian ini beranjak dari permasalahan di lapangan yang mana pada
Taman kanak-kanak yang dilukiskan sebagai taman yang paling indah banyak
yang telah berubah menjadi taman penuh dengan tuntutan dan tugas-tugas yang
membebani anak. Ketidaksesuaian kegiatan yang ada di TK dengan tugas
perkembangannya membuat anak menjadi jenuh dan bosan. Akibatnya anak
sering malas untuk pergi ke sekolah karena anak merasa sekolah merupakan
tempat yang membuat mereka jenuh dan bosan sehingga mengakibatkan kondisi
malas, kurang bergairah, atau kurang berhasrat. Disini peran guru sangat
diperlukan untuk melakukan pengajaran dengan metode yang menarik atau
menyenangkan bagi anak. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti ingin
melakukan penelitian dengan judul “Upaya peningkatan hasil belajar siswa dalam
menggunakan media anggota tubuh melalui metode bernyanyi di TK Safiatuddin
Kutablang Lhokseumawe.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa dalam menggunakan media anggota tubuh melalui
metode bernyanyi di TK Safiatuddin Kutablang Lhokseumawe. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) engan
jenis penelitian Kualitatif. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini
melalui nilai siswa, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Sumber data
dalam penelitian adalah anak kelompok B di TK Safiatuddin Kutablang
Lhokseumawe yang bejumlah 18 orang. Hasil penelitian pada siklus I
menunjukkan bahwa anak yang tidak mencapai ketuntasan berjumlah 8 orang
(44,45%) sedangkan anak yang mencapai ketuntasan berjumlah 10 orang
(55,55%). Disamping itu, jika ditinjau dari hasil observasi terhadap kegiatan guru
yang dilakukan oleh pengamat I diperoleh persentase adalah 73,75% dan
pengamat II diperoleh persentase adalah 75%. Berdasarkan hasil observasi yang
dilakukan oleh pengamat I dan II terhadap kegiatan guru diperoleh persentase
rata-rata adalah 74,25%, dengan demikian hasil pengamatan (observasi) yang
dilakukan oleh pengamat I dan II terhadap kegiatan guru dan anak pada
pelaksanaan siklus I termasuk dalam kategori cukup. Hasil penelitian pada siklus
II menunjukkan bahwa anak yang tidak mencapai ketuntasan berjumlah 2 orang
(11,12%) sedangkan anak yang mencapai ketuntasan berjumlah 16 orang
(88,88%). Disamping itu, jika ditinjau dari hasil observasi terhadap kegiatan guru
yang dilakukan oleh pengamat I diperoleh persentase adalah 87,5% dan pengamat
II diperoleh persentase adalah 90%. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan
oleh pengamat I dan II terhadap kegiatan guru diperoleh persentase rata-rata
adalah 88,75%. Berdasarkan hasil observasi maka dapat disimpulkan bahwa
pelaksanaan tindakan siklus II sudah berhasil. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode bernyanyi dapat
meningkatkan hasil belajar dalam menggunakan media anggota tubuh pada anak
kelompok B TK Safiatuddin Kuta Blang Lhokseumawe.


Detail Information

Penulis
KHADIJAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108616
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PIAUD

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail