Skripsi
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI PERMASALAHAN SISWA (Studi Kasus di MTSS Simpang Mulieng)
XMLPeran kepala sekolah sangatlah penting dalam mengatasi setiap permasalahan
siswa disekolah. Kekerasan yang terjadi dengan integritas tinggi patut diuji
melalui serangkaian analisis, baik secara sosiologis maupun pedagogis. Secara
sosial jangan-jangan bentuk kekerasan yang terjadi di masyarakat kita itu
merupakan akumulasi dari gagalnya lembaga pendidikan kita atau pun orang tua
dalam tranfer ilmu dan mendidik secara damai dan berkeadilan. banyaknya
permasalahan yang didapatkan di lapangan yang disebabkan oleh siswa,
permasalahan-permasalah tersebut terutama berhubungan dengan akhlak siswa di
antaranya kenakalan siswa yang tidak bisa di toleransi lagi seperti membuang air
di bak supaya tidak jadi melaksanakan shalat zhuhur, dan juga jarang memakai
sepatu waktu ke sekolah, selain dari pada permasalahan tersebut juga terdapat
banyak permasalahan yang lain seperti membawa hand phone (hp) ke sekolah,
dan juga ada siswa yang membuang air kecil di dalam kelas ketika tidak ada guru
di dalam kelas dan juga waktu shalat siswa mencabut sekolah dan bahkan pulang
dari sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk
mengadakan penelitian tentang “Peran Kepala Sekolah Dalam Mengatasi
Permasalahan Siswa Di MTsS Simpang Mulieng.” Adapun tujuan penulisan
skripsi ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang dilakukan siswa MTsS
Simpang Mulieng, untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam mengatasi
permasalahan siswa di MTsS Simpang Mulieng, untuk mengetahui kendalakendala
apa saja yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam mengatasi
permasalahan siswa di MTsS Simpang Mulieng serta untuk mengetahui upaya
kepala sekolah dalam mengatasi permasalahan siswa di MTsS Simpang Mulieng.
Penelitian ini dilakukan di MTsS Simpang Mulieng dengan menggunakan jenis
penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan. Subjek penelitian dalam
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru , serta siswa/i MTsS Simpang Mulieng,
sedangkan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan yaitu reduksi data, display
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
permasalahn yang dihadapin oleh siswa itu bervariasi. 2) kepala sekolah telah
menjalankan perannya dengan semaksimal mungkin dalam mengatasi setiap
permasalahan yang terjadi pada siswa. 3) kendala-kendala yang dihadapi dalam
mengatasi permasalahan siswa yaitu salah satunya kurangnya kerja sama sebagian
orang tua siswa dengan pihak sekolah, serta persoalan keluarga siswa yang broken
home. 4) Upaya-upaya yang telah kepala sekolah lakukan dalam mengatasi
permasalahan siswa yaitu dengan cara membantu siswa memahami diri dan
lingkungannya juga membantu siswa agar dapat mengatasi setiap permasalahan
yang dapat menghambat perkembangan dirinya serta permasalahan yang
dialaminya dan juga menyediakan ruangan khusus untuk membimbing siswasiswa
yang bermasalah yaitu ruang bimbingan konseling.
Detail Information
Penulis |
Zakiatul Fitri - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 122106624 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|