Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSPADA POKOK BAHASAN SAMPAH ORGANIK DAN NON ORGANIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IVA MIN MEURIA PALOH
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa
kelas IV A MIN Meuria Paloh dengan menggunakan metode demonstrasi dan
media gambar.Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IVAMIN Meuria Paloh dengan jumlah 29 siswa.
Desain penelitian menggunakan model Kurt Lewin dengan dua siklus dan setiap
siklusnya menerapkan langkah- langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan
dokumentasi.Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi siswa untuk
menilai aktivitas siswa serta tes tertulis untuk mengukur hasil belajar siswa dan
juga dokumentasi untuk mendokumentasikan kegiatan.Analisis data yang
digunakan untuk hasil tes siswa adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk
mengukur hasil belajar.Keberhasilan pencapaian hasil belajar siswa adalah 75%
siswa yang tuntas mencapai KKM yaitu ≥ 75.
Hasil penelitian ini bahwa penggunaan metode demonstrasi dan media
gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IVAMIN Meuria
Paloh. Dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah tindakan siklus
I meningkat sebesar 5,00 (dengan pra tindakan 70,5 pada siklus I meningkat
menjadi 75,05) dan setelah tindakan siklus II sebesar 10,5 (dengan pra tindakan
70,5 pada siklus II meningkat menjadi 85,5). Persentase ketuntasan nilai siswa
mengalami peningkatan dari pra tindakan 17,24% (5 siswa tuntas dan 24 siswa
belum tuntas) setelah tindakan siklus I adalah 72,41% (21 siswa tuntas dan 8
siswa belum tuntas) dan setelah siklus II sebesar 96,55% (28 siswa tuntas dan 1
siswa belum tuntas).
Detail Information
Penulis |
Muslina, A.Ma - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152609241 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|