Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA PAUD BUNGONG BANTIMOH KOTA LHOKSEUMAWE
XMLHasil observasi pada anak PAUD Bungong Bantimoh Kota Lhokseumawe menunjukkan
kemampuan mengenal huruf hijaiyah yang masih rendah. Hal ini dikarenakan proses
belajar mengajar anak masih berlangsung dengan metode ceramah. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar huruf hijaiyah dengan
menggunakan metode drill. Rumusan masalah dalampenelitian ini adalah upaya
meningkatkan hasil belajar huruf hijaiyah dengan menggunakan metode drill pada PAUD
Bungong Bantimoh Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK), jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan 2 siklus
melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini
dilakukan di PAUD Bungong Bantimoh Kota Lhokseumawe. Subyek penelitian ini
sebanyak 16 anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, Wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada prasiklus
ketuntasan klasikal sebesar 19% atau 3 anak yang mencapai indikator keberhasilan. Pada
siklus I sebesar 56% atau 9 anak, sedangkan pada siklus II mencapai 87% atau sebanyak
14 anak. Pada tindakan siklus II maka diperoleh peningkatan dengan didapatkan hasil
yang cukup baik, disebabkan banyaknya anak yang tuntas yaitu 14 orang dan 2 orang
yang tidak tuntas, sehingga tidak perlu adanya tindakan siklus berikutnya. Maka dapat
disimpulkan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar anak dalam belajar huruf
hijaiyah.
Detail Information
Penulis |
KHAIRUL HUSNA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142 108 593 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|