PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 LHOKSEUMAWE

XML

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran
Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) Terhadap Hasil Belajar PAI Pada Siswa
Kelas VII Di SMP Negeri 2 Lhokseumawe.” Latar belakangnya adalah pada saat
proses belajar mengajar berlangsung pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) belum maksimal, hasil belajar mereka menurun dikarenakan pada saat
proses belajar mengajar siswa kurang bersemangat, mereka lebih sering keluar
masuk kelas dan ada siswa yang berbicara ketika guru sedang menjelaskan
pembelajaran, bahkan ada siswa yang terlihat tidak memahami materi yang
berkenaan dengan materi yang sedang di pelajari karena siswa kurang aktif dan
malas bertanya kepada guru tentang hal-hal yang mereka tidak mengerti, ada
siswa yang sering mengantuk, ada juga siswa yang sering mengganggu temannya
saat proses belajar mengajar berlangsung sehingga menyebabkan nilai mereka
menurun. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Adakah pengaruh penggunaan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa
(PBAS) terhadap hasil belajar PAI pada kelas VII di SMP Negeri 2
Lhokseumawe?. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh penggunaan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS)
terhadap hasil belajar PAI pada kelas VII di SMP Negeri 2 Lhokseumawe. Jenis
penelitian adalah penelitian kuantitatif, dan pendekatannya adalah eksperimen.
Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 67 orang siswa yang terdiri
dari 34 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol. Untuk memperoleh
data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes sebagai teknik pengumpulan
data. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan uji-t dengan taraf
signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 65 di peroleh hasil thitung > ttabel
yaitu 14,91 > 1,66 sehingga tolak . Hal ini dapat disimpulkan bahwa “Ada
Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa
(PBAS) Terhadap Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2
Lhokseumawe.”


Detail Information

Penulis
JULINA PUTRI AMALIA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 122106592
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail