MANAJEMEN OPDM (ORGANISASI PELAJAR DAYAH AL-MUSLIMUN) DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT TTQ (TAHFIZ TASMI’ ALQURAN) DI DAYAH TERPADU AL-MUSLIMUN LHOKSUKON

Record Detail

Thesis

MANAJEMEN OPDM (ORGANISASI PELAJAR DAYAH AL-MUSLIMUN) DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT TTQ (TAHFIZ TASMI’ ALQURAN) DI DAYAH TERPADU AL-MUSLIMUN LHOKSUKON

XML

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasi dalam mengembangkan bakat Tahfiz Tasmi‟ Alquran di dayah
terpadu Al-Muslimun Lhoksukon. Penelitian ini merupakan studi lapangan
dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer dan
data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan terhadap data yang telah dikumpulkan. Sedangkan
untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi dengan teori. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Perencanaan Organisasi pelajar
dayah Al-Muslimun dalam mengembangkan bakat Tahfiz Tasmi‟ Alquran terdiri
dari beberapa tahap: (1) penetapan sasaran dan tujuan; (2) adanya pelaksana; (3)
periodisasi pengembangan ; (4) identifikasi faktor pendukung, meliputi
tersedianya pembina yang handal sesuai dengan bidangnya, memiliki kesabaran
baik pembina maupun para santri serta fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor
penghambat, meliputi kelalaian para santri dan tidak fokus dalam menghafal serta
waktu yang sangat sedikit untuk program Tahfiz Tasmi‟ Alquran; (5) metode
dalam mengembangkan bakat Tahfiz Tasmi‟ Alquran, meliputi metode Tasmi‟,
metode Qira‟ah fi al-shalah dan metode ceramah. Kedua, Pelaksanaan Organisasi
pelajar dayah Al-Muslimun dalam mengembangkan bakat Tahfiz Tasmi‟ Alquran
juga dapat dilihat dengan adanya beberapa unsur: (1) bimbingan materi; (2)
komunikasi; (3) motivasi; (4) pemeliharaan; serta (5) pengembangan dalam
mengembangkan bakat Tahfiz Tasmi‟ Alquran. Akan tetapi dalam pelaksanaan
Tahfiz Tasmi‟ Alquran ini, pembina tidak menggunakan perangkat pembelajaran
seperti RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) tetapi menggunakan target
hafalan yang telah disepakati. Ketiga, Evaluasi Organisasi pelajar dayah AlMuslimun dalam mengembangkan bakat Tahfiz Tasmi‟ Alquran dapat dilihat
dengan adanya evaluasi proses belajar yang dilaksanakan setiap hari dan evaluasi
hasil belajar yang dilaksanakan setiap semester.
ABSTRACT
This research was conducted to find out how about the planning, implementation
and evaluation in developing Tahfiz Tasmi' Alquran skills in Islamic boarding
school of Al-Muslimun Lhoksukon. This research was a field study with a
qualitative descriptive approach. Sources of research consisted of primary and
secondary data. The data were collected by using observation, interview and
documentation. Data analysis was done by reducing data, presenting data and
drawing conclusion on the data that had been collected. While to guarantee on the
validity of the data, triangulation techniques were used. The results of this
research indicated that: first, the planning of students‟ organazation of AlMuslimun boarding school in developing Tahfiz Tasmi' Alquran skills consists of
several stages: (1) determination of goals and objectives; (2) the implementation;
(3) periodization development; (4) identification of supporting factors, including
the availability of a reliable coaches in accordance with their fields, having
patience for both the coaches and the students‟ and have adequate facilities. While
the inhibiting factors including the carelessness of students‟ not focusing on
memorizing and very little time for Tahfiz Tasmi' Alquran programs; (5) methods
in developing Tahfiz Tasmi' Alquran skills, covering the Tasmi' method, Qira'ah fi
al-shalah method and lectures method. Second, the implementation students‟
organazation of Al-Muslimun boarding school in developing Tahfiz Tasmi'
Alquran skills could also be seen by the presence of several elements, they are: (1)
material guidance; (2) communication; (3) motivation; (4) maintenance; and (5)
development in the implementation of this Tahfiz Tasmi' Alquran. The coaches
did not use learning tools such as RPP (learning implementation plan) but used
memorizing targets that had been agreed. Third, evaluation students‟ organazation
of Al-Muslimun boarding school in developing Tahfiz Tasmi' Alquran skills could
be seen by the evaluation of the learning process that was carried out every day
and evaluation of learning outcomes that were carried out every semester.
يسرخهض انثحس
ذٓذف ْزا انثحس نًؼشفح كٍف ذخطٍط ٔ ذمٍٍى فى ذطٌٕش انًٕاْة ػٍ ذحفٍع
ذسًٍغ انمشآٌ تًؼٓذ انًسهًٌٕ نٓؤ سكٌٕ. ٔذسرخذٌ انثاحصح فى ْزِ انشسانح تحصا
يٍذاٍَا تًُٓط َٕػً ٔٔطفى. أيا يظادس انثٍاَاخ يٍ االترذائً ٔانصإَي.
ٔاسرخذايد انثاحصح أدٔاخ انثحس يُٓا انًالحظح ٔانًماتهح ٔانصٕشٍمح. ٔذحهٍم
انثٍاَاخ ترمهٍهٓا، ٔذمذًٌٓا ٔإذًايٓا ٔ نظحح انثٍاَاخ انًسرؼًهح ػٍ طشٌمح
انرصهٍس تانُظشٌح. ٔأيا َرائط انثحس ْى : أٔال، ذخطٍط يُظًح انطهثح يؼٓذ
انًسهًٌٕ فى ذطٌٕش انًٕاْة ػٍ ذحفٍع ذسًٍغ انمشآٌ يٍ انًشاحم األذٍح : )1 )
ذحذٌذ انٓذف ٔػشع ػٍ ذحفٍع ذسًٍغ انمشآٌ، )2ٌ )جذ انًششٌف ذحفٍع ذسًٍغ
انمشآٌ، )3 )فرشج ذطٌٕش ذحفٍع ذسًٍغ انمشآٌ، )4 )ذحذٌذ انؼٕايم انذاػًح، يُٓا
: ذٕفٍش انًششٌف انًاْش فى يجانّ، ٔذحهٍح تانظثش ٔ انًشافك انكافٍح. ٔأيا
انؼٕايم انًمٕيح يُٓا: اْرًال انطهثح فى حفع انمشآٌ ٔال ٌشكضٌٔ فٍٓا ٔلهٍم
األٔلاخ فى ذؼهًٍّ، )5 )انطشٌمح فى ذطٌٕش انًٕاْة ػٍ ذحفٍع ذسًٍغ انمشآٌ
يُٓا طشٌمح ذسًٍغ انمشاءج فى انظالج ٔانًحاضشج. شاٍَا، ذُفٍز يُظًح انطهثح
يؼٓذ انًسهًٌٕ فى ذطٌٕش انًٕاْة ػٍ ذحفٍع ذسًٍغ انمشآٌ يٍ انؼُاطش األذٍح
: )1 )انرٕحٍّ انًاداخ، )2 )اإلذظال، )3 )انذافؼٍح، )4 )انحًاٌح، )5ٔ )ذطٕس
فى ذطٌٕش انًٕاْة ػٍ ذحفٍع ذسًٍغ انمشآٌ، نكٍ فى ذُفٍزْا، الذسرخذو
انًششٌف انؼًهٍح انرؼهًٍح يُٓا خطح انرؼهٍى تم ْذف انحفط انًٕافك. شانصا، ذمٍٍى
يُظًح انطهثح يؼٓذ انًسهًٌٕ فى ذطٌٕش انًٕاْة ػٍ ذحفٍع ذسًٍغ انمشآٌ ػهى
انُظش ترُفٍز ذمٍٍى انرؼهٍى كم انٍٕو ٔ ذُفٍز ذمٍٍى َرائط انرؼهٍى كم انمسط.


Detail Information

Penulis
Suci Wahyuni - Personal Name
164300266 - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 164300266
Edition
Language
English
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PASCA MPI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail