Skripsi
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TATA CARA BERWUDHU PADA MATERI WUDHU MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS II SDN 28 SAWANG KABUPATEN ACEH UTARA
XMLRendahnya kemampuan anak dalam berwudhu dilatarbelakangi karena anak tidak
terbiasa mengamalkannya secara langsung, melainkan hanya dijelaskan dengan
tanya jawab dan ceramah, anak tidak dibimbing dalamberwudhu secara benar.
Penelitian ini untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan
hasil belajar anak tentang materi cara berwudhu pada anak kelas II SD Negeri 28
Sawang. Penelitian ini merupakan PTK dengan 2 siklus melalui 4 tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi
dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan kepada anak suatu proses,
situasi yang sedang dipelajari sehingga proses penerimaan anak terhadap pelajaran
akan lebih berkesan secara mendalam. Penelitian dilakukan di SD Negeri 28
Sawang dengan bantuan 2 pengamat . Subyek penelitian ini sebanyak 15 anak.
Indikator keberhasilan 75%. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus untuk
mengetahui presentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil
belajar pada siklus I sebesar 40% atau 6 siswa dengan nilai 75%, pada siklus II
sebesar 87% atau 13 anak. Pada tindakan siklus II maka diperoleh peningkatan
dengan didapatkan hasil yang cukup baik, disebabkan banyaknya anak yang tuntas
yaitu 13 orang dan 2 orang yang tidak tuntas, sehingga tidak perlu adanya
tindakan siklus berikutnya. Maka dapat disimpulkan metode demonstrasi dapat
meningkatkan hasil belajar anak dalam materi berwudhu.
Detail Information
Penulis |
RAWIYAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108615 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|