Skripsi
PENERAPAN TEORI VAN HIELE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 SYAMTALIRA ARON
XMLPenelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Syamtalira Aron
dengan penerapan teori Van Hiele. Harus diakui bahwa rendahnya kemampuan
pemecahan masalah matematika dalam proses pembelajaran dikarenakan siswa
hanya di arahkan untuk menghafal informasi tentang materi, otak anak dipaksa
untuk menerima informasi tanpa dituntut untuk memahami permasalahan dari
pembelajaran yang diterimanya itu untuk menghubungkannya dengan kehidupan
sehari-hari. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan pemecahan
masalah matematika yang dimiliki siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1
Syamtalira Aron. Sementara sampelnya terpilih 2 kelas yaitu kelas kontrol dan
eksperimen, pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random
sampling yang terpilih menjadi sampelnya kelas VII3 sebagai kelas kontrol dan
kelas VII1 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian
ini adalah Tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian (1) Uji kemampuan
awal diperoleh t hitung = 1,24 dan t tabel = 2,01155. Setelah pengujian hipotesis pada
taraf signifikan = 0,05 dan (dk) = 49 berdasarkan kriteria pengujian hipotesis
maka terima H0 karena t hitung< t tabel yaitu1,24 < 2,01155 yang berarti “Tidak ada
perbedaan kemampuan kelas eksperimen dan kontrol”. Sedangkan (2) Uji gain
diperoleh t hitung = 16,92 dan t tabel = 1,67655. Setelah pengujian hipotesis pada
taraf signifikan = 0,05 dan (dk) = 49 berdasarkan kriteria pengujian hipotesis
maka tolak H0, karena t hitung> t tabel yaitu 16,92 > 1,67655. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa “Ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa SMP Negeri 1 Syamtalira Aron dengan penerapan teori Van
Hiele”.
Detail Information
Penulis |
ANITA RAHMI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208255 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|