Skripsi
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBACA KELAS I SD NEGERI 15 MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE
XMLPenulisan skripsi ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan hasil belajar pada
materi membaca dimana permasalahannya terletak pada siswa kelas 1 SD Negeri
15 Muara Dua. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Adapun yang menjadi latar belakang penulisan skripsi ini adalah dimana siswa
pada kelas 1 tidak bisa membaca. Masalah yang diteliti yaitu bagaimana upaya
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membaca pada siswa kelas 1
Sekolah Dasar Negeri 15 dengan menggunakan metode Demonstrasi karena
rendahnya nilai yang diperoleh oleh peserta didik. Setelah adanya proses
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode Demonstrasi
maka hasil penelitian menunjukkan perubahan, dimana bahwa, antara siklus I dan
II mengalami peningkatan yaitu, hasil test siklus I siswa tuntas hanya 5 orang dari
9 siswa dengan persentase 55,55%, sedangkan pada siklus ke II siswa tuntas
mencapai 9 siswa dari 9 siswa dengan persentase 100%. Hal tersebut terbukti
dengan menggunakan metode Demonstrasi adanya peningkatan motivasi dan
keaktifan siswa yang terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, rasa ingin
tahu, antusias dalam mengerjakan tugas, kemauan bertanya dan mengemukakan
pendapat. Jadi secara keseluruhan peningkatan kemampuan motorik halus
mengalami peningkatan 100% dan peningkatan tersebut terjadi secara bertahap
dari kategori tidak tuntas dan akhirnya menjadi tuntas.
Detail Information
Penulis | |
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152609263 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|