PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LINGKARANDI MTsS RAUDHATUL JANNAH

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LINGKARANDI MTsS RAUDHATUL JANNAH

XML

Lingkaran merupakan salah satu pokok bahasan yang terdapat dalam kurikulum
yang diajarkan pada siswa SMP sampai ke perguruan tinggi. Meskipun pelajaran
matematika khususnya pokok bahasan lingkaran sangat universal dan penting
diketahui, faktanya masih banyak siswa yang kurang mampu dalam memecahkan
persoalan yang berkaitan dengan materi lingkaran sehingga siswa akan merasa
kesulitan dalam mempelajari pelajaran yang ada kaitannya dengan lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan
pemahaman konsep siswa MTsS Raudhatul Jannah dengan penerapan
Pembelajaran Matematika mind mapping pada materi lingkaran. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Raudhatul Jannah. Adapun
yang menjadi sampelnya adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas
VIII2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan
instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep. Tes yang
peneliti berikan terdiri dari tes awal dan tes akhir dengan soal essay. Data diolah
dengan uji prasyarat homogenitas dan normalitas, hasil uji homogenitas hasil
belajar menggunakan uji-t dan diperoleh kesimpulan varians kedua kelas
homogen sedangkan uji normalitas hasil belajar menggunakan uji liliefors dan
hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa data kedua kelas berdistribusi
normal. Uji hipotesis menggunakan uji-F diperoleh Fhitung = 1,190 pada taraf
signifikan   0,05 diperoleh Ftabel =2,205. karena Fhitung < Ftabel, yaitu 1,190 <
2,205. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang menyatakan “pengaruh penggunaan
metode mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi
lingkaran di MTsS Raudhatul Jannah” diterima.


Detail Information

Penulis
IDANUL ASMA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208268
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail