PENGARUH MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA KELAS VII SISWA SMPN 1 SYAMTALIRA ARON

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA KELAS VII SISWA SMPN 1 SYAMTALIRA ARON

XML

Pembelajaran matematika di sekolah merupakan hal yang sangat penting untuk
meningkatkan kecerdasan siswa, dan keberhasilan siswa. Siswa pada saat ini
umumnya mempunyai tingkat kemampuan komunikasi matematika sangat rendah,
salah satu penyebabnya yaitu kurangnya keberanian siswa untuk menyampaikan
ide-ide dan gagasan matematika yang benar dan jelas dalam proses pembelajaran
berlangsung. Kemampuan komunikas matematis menjadi prasyarat untuk
memiliki kemampuan-kemampuan matematika lainnya. Tanpa melalui
komunikasi, maka seseorang yang sedang dalam proses belajar matematika tidak
akan mampu melakukan komunikasi, koneksi ataupun memecahkan masalah
matematika yang dijumpainya. Oleh karena itu, guru matematika perlu memilih
metode pembelajaran yang tepat, salah satu metode pembelajaran yang
diharapkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah
metode role playing berbantuan media sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui komunikasi matematika siswa meningkat dengan menggunakan
model role playing berbantu media sederhana dari pada pembelajaran
konvensional di SMPN 1 Syamtalira Aron. Dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh diuji secara statistik. Adapun untuk
memperoleh datanya maka harus dilakukan tes. Berdasarkan hasil uji homogenitas
diperoleh Fhitung  Ftabel yaitu 1,5066 < 1,98 dapat disimpulkan bahwa kedua data
tersebut homogen. Uji normalitas data dari nilai gain kelas eksperimen dan kelas
kontrol dari hasil tes kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data berdistribusi
normal, sehingga untuk pengujian hipotesis hasil data dan pengujian hipotesis
dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan   0,05 dengan dk  46
diperoleh thitung  2,962 dan t
tabel  1,6788 Maka berdasarkan kriteria pengujian
hipotesis tolak H0
, yaitu hitung tabel t  t dan diperoleh hasil 2,962  1,6788 ;
sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kemampuan
komunikasi matematis siswa lebih baik dengan menggunakan model role playing
berbantu media sederhana serta dapat memberikan motivasi siswa dalam mencari
solusi sendiri untuk menyelesaikan suatu masalah.


Detail Information

Penulis
MAWAR SURYANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208295
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail