UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI PADA MATERI BERHITUNG DENGAN METODE BERNYANYI DI RA NURUL ATHFAL KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI PADA MATERI BERHITUNG DENGAN METODE BERNYANYI DI RA NURUL ATHFAL KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Peningkatan kreatifitas Anak Usia Dini (AUD) pada pembelajaran berhitung
dengan bernyanyi di RA Nurul Athfal Kota Lhokseumawe masih masih belum
terarah, belum sempurna dan kurang efektif sehingga belum sesuai dengan target
yang diharapkan serta peran guru dalam proses pembelajaran yang terlalu
mendominasi sehingga anak kurang mampu dalam berhitung dan mengalami
kecenderungan untuk diam. Hal ini disebabkan karena peneliti menggunakan
metode ceramah dan strategi yang kurang tepat dalam proses pembelajaran.
Proses pembelajaran di kelas dilakukan secara monoton. Pembelajaran tersebut
mengakibatkan banyak anak-anak menjadi bosan atau tidak nyaman dalam proses
pembelajaran di kelas. Berdasarkan permasalahan inilah peneliti mengambil judul
“Upaya Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini Pada Materi Berhitung Dengan
Metode Bernyanyi Di RA Nurul Athfal Kota Lhokseumawe” karena
permasalahannya tentang peningkatan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh peningkatan belajar terhadap metode
bernyanyi pada hasil belajar anak dalam berhitung di RA Nurul Athfal Kota
Lhokseumawe Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah PTK yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam
berhitung. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan dan wawancara. Hasil
penelitian menunjukkan, metode bernyanyi efektif digunakan pada peningkatan
hasil belajar anak RA Nurul Athfal, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan
motivasi dan keaktifan peserta didik terlihat pada rasa senang, perhatian,
ketertarikan, antusias dalam mengerjakan tugas, kemauan bertanya dan
mengemukakan pendapat, yaitu melalui, hasil asessmen/penilaian terhadap
kreatifitas AUD pada siklus I setelah diberikan tindakan melalui metode
bernyanyi diperoleh persentase 61,53 %, dan pada siklus II rata-rata persentase
kreatifitas berhitung % berkembang sangat baik sehingga mengalami peningkatan
sebesar 84,61% dalam kreatifitas berhitung melalui metode bernyanyi.
peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari kategori Belum Berkembang,
mulai berkembang dan akhirnya menjadi Berkembang Sesuai Harapan.


Detail Information

Penulis
NURLAILI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152509202
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PIAUD

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail