PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL WARNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL AL-QAMAR KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL WARNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL AL-QAMAR KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Peningkatan kemampuan anak dalam mengenal warna nilainya masih kurang
memuaskan atau masih di bawah standar ketuntasan, dalam pelajaran proses
pembelajaran metode yang digunakan guru masih belum begitu terarah dan belum
sempurna serta kurang efektif. Aspek afektif serta antusias anak dalam mengikuti
pembelajaran kurang berminat, anak lebih banyak bergurau, tidak serius,
kurangnya perhatian dan bahkan bermain sendiri sehingga tidak adanya stimulus
respon ketika pelajaran berlangsung di ruang kelas dan masih perlu peningkatan.
Anak kesulitan saat menyebutkan warna, anak belum mampu membedakan
warna, sehingga apa yang diwarnai anak tidak sesuai. Hal ini disebabkan oleh
metode yang dipilih dan digunakan oleh guru belum mampu untuk menarik minat
anak dalam peningkatan kemampuan mengenal warna. Berdasarkan permasalahan
ini peneliti melakukan penelitian dengan judul “Peningkatan Kemampuan
Mengenal Warna Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Kelompok B
Di Raudhatul Athfal Al-Qamar Kota Lhokseumawe” karena menghadapi masalah
tentang nilai kognitif pada peserta didik di Raudhatul Athfal Al-Qamar Kota
Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi
peningkatan atau pengaruh terhadap metode demonstrasi pada peningkatan
kemampuan mengenal warna di Raudhatul Athfal Al-Qamar Kota Lhokseumawe
Tahun Pelajaran 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK
yang bertujuan untuk meningkatkan daya fikir anak dalam kemampuan mengenal
warna bagi anak. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan dan
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, metode demonstrasi efektif digunakan
pada peningkatan kemampuan mengenal warna pada anak di Raudhatul Athfal AlQamar, hasil penilaian kemampuan mengenal warna pada pra siklus penelitian di
ketahui anak didik yang mencapai standar penilaian berkembang sesuai harapan
hanya ada 5 anak saja dari semua anak didik yang berjumlah 15 anak didik.
Kemudian pada siklus I anak yang memiliki peningkatan bertambah menjadi 7
anak dan pada siklus II bertambah lagi menjadi 14 anak didik atau 93,33 %
dan anak didik telah mencapai standar penilain yang telah di tetapkan.


Detail Information

Penulis
NURKAMALIZA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152509214
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PIAUD

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail