Skripsi
EFEKTIFITAS STRATEGI BELAJAR MANDIRI TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 10 LHOKSEUMAWE
XMLSebagai pengajar, guru dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan teknik
mengajar serta menguasai bahan pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa. Namun
dalam realitasnya siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, salah
satunya adalah mata pelajaran PAI. salah satu cara untuk menghadapi masalah tersebut adalah
penerapan strategi belajar mandiri. Dengan menerapkan strategi pembelajaran mandiri akan
ada peningkatan hasil belajar siswa. Untuk menjawab latar belakang di atas peneliti membuat
rumusan masalah, yaitu: (1) bagaimana efektifkah strategi belajar mandiri pada pembelajaran
PAI kelas IX di SMP Negeri 10 Lhokseumawe, (2) bagaimana proses belajar mandiri pada
pembelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 10 Lhokseumawe, dan (3) upaya apa saja yang
dilakukan oleh guru dalam penerapan strategi belajar mandiri pada pembelajaran PAI kelas
IX di SMP Negeri 10 Lhokseumawe, dengan tujuan: (1) untuk mengetahui efektifitas strategi
belajar mandiri pada pembelajaran PAI kelas IX di SMP negeri Lhokseumawe, (2) untuk
mengetahui proses belajar mandiri pada pembelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 10
Lhokseumawe, dan (3) untuk mengetahui upaya apa saja yang di lakukan oleh guru dalam
penerapan strategi belajar mandiri pada pembelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 10
Lhokseumawe. Penelitian ini bersifat kajian lapangan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif, dilaksanakan pada SMP Negeri 10 Lhokseumawe. Teknik pengumpulan data
melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui
reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
efektifkah strategi belajar mandiri pada pembelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 10
Lhokseumawe, yaitu sangat efektif penerapan belajar mandiri siswa terhadap pelajaran PAI,
(2) proses belajar mandiri pada pembelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 10 Lhokseumawe,
yaitu proses belajar mandiri memberikan otonomi kepada siswa dalam menentukan arah atau
tujuan belajarnya, sumber belajar, program belajar, dan materi yang dipelajari oleh siswa, dan
(3) upaya yang dilakukan oleh guru dalam penerapan strategi belajar mandiri pada
pembelajaran PAI Kelas IX di SMP Negeri 10 Lhokseumawe, yaitu guru PAI menyampaikan
tujuan pembelajaran kepada siswa. Dengan menyampaikan tujuan pembelajaran, maka siswa
juga diajak untuk semakin memahami alasan mereka belajar suatu materi pelajaran, siswa
akan semakin memahami betapa pentingnya mereka mempelajari suatu materi pembelajaran
dan siswa paham poin-poin apa saja yang harus dicapainya.
Detail Information
Penulis |
SUDIRMAN - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 112105580 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|