Skripsi
SISTEM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 TANAH PASIR
XMLDalam proses belajar mengajar, guru belum melakukan evaluasi secara objektif
terhadap pembelajaran. Oleh karena itu, guru di sekolah tersebut tidak akan
pernah dan bahkan mustahil untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman
dan kecerdasan peserta didiknya. Seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu,
seorang guru melakukan kesalahan akibat kelalaiannya yang tidak memberikan
ujian mid semester kepada peserta didiknya hingga akhir semester, sehingga para
peserta didik merasa kesusuhan ketika ujian akhir, karena guru tidak pernah
menguji mereka pada setiap akhir bab dari pembelajaran mereka atau guru tidak
memberikan UTS atau tidak melakukan evaluasi.Berdasarkan latar belakang di
atas,peneliti tertarik melakukan sebuah penelitianyang berjudul “Sistem Evaluasi
Pembelajaran PAI di SMPN 1 Tanah Pasir”.Pertanyaan penelitian dalam
penelitian ini adalah (1) bagaimanakah sistem evaluasi pembelajaran PAI di
SMPN 1 Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara? (2) apakah hambatan yang dihadapi
guru dalam mengevaluasi pembelajaran PAI di SMPN 1 Tanah Pasir Kabupaten
Aceh Utara?. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan sistem pelaksanaan
evaluasi di SMPN 1 Tanah Pasir (2) untuk mengetahui hambatan-hambatan dan
solusi yang ditempuh oleh guru untuk mengantisipasi hambatan dalam
pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI di SMPN 1 Tanah Pasir. Adapun metode
dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data
yang digunakan peneliti untuk memeperoleh informasi yaitu dengan cara
dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik Analisis data dilakukan melalui
tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data dan kesimpulan. Hasil penelitian
ditemukan bahwa (1) sistem evaluasi pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Tanah
Pasir berlangsung di sekolah ini berjalan dengan baik, setiap guru yang
mengampu mata pelajaran diharuskan untuk memberikan ujian mingguan,
triwulan, dan semesteran. (2) Hambatan yang dihadapi guru dalam mengevaluasi
pembelajaran yaitu masih adagurudiSMP Negeri 1 Tanah
Pasirmengalamikendaladalammelakukanpenilaian,
khususnyapadapenilaianaspeksikapyang dianggapsangatrumit.Banyaknya
formatrubrik penilaianmenambahkebingungangurudalam memilah-milahmata
pelajaranlalumenempatkannya kedalammasing-masingaspekpenilaian,dan
masihbanyakguruyangbelumpahamcaramendeskripsikansetiaphasilnilai
yangdidapatke dalamrapor.
Detail Information
Penulis |
AMILDA FATMINA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108123 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|