Skripsi
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS II MTS DARUL ULUM LHOKSEUMAWE (Studi Kasus Di MTs Darul Ulum Al-munawwarrah Lhokseumawe)
XMLLembaga pendidikan mempunyai tugas utama yaitu mengembangkan kemampuan
dan membentuk akhlak serta peradaban bangsa, serta bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Hal tersebut dapat diimplementasikan pada lembaga pendidikan. Sekolah
merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sangat berpotensi untuk
mewujudkan peserta didik yang cerdas dan berakhlak mulia. Dalam hal
mencerdaskan peserta didik, banyak langkah-langkah yang dilakukan oleh
lembaga pendidikan yaitu sekolah atau madrasah seperti menerapkan penggunaan
modul pembelajaran di dalam kelas guna mempermudah proses pembelajaran
kepada peserta didik. Salah satu madrasah yang menerapkan penggunaan modul
pembelajaran khususnya pada mata pelajaran SKI adalah MTs Darul Ulum Al- Munawwarrah Lhokseumawe. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian ini
adalah bagaimana proses pembelajaran SKI dengan menggunakan modul di MTs
Darul Ulum Lhok Mon Puteh Lhokseumawe? Dan bagaimana Efektifitas
penggunaan modul pembelajaran SKI di MTs Darul Ulum Lhok Mon Puteh
Lhokseumawe? Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui proses pembelajaran SKI dengan menggunakan modul dikelas II MTs
Darul Ulum Lhok Mon Puteh Lhokseumawe dan untuk mengetahui Efektifitas
penggunaan modul pembelajaran di MTs Darul Ulum Lhok Mon Puteh
Lhokseumawe. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif
dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan dengan
triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/ kualitatif melalui data
reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Dalam penelitian
ini peneliti menggunakan pendekatan studi kasus dengan melakukan penyelidikan
mendalam mengenai suatu unit sosial sedemikian rupa sehingga menghasilkan
gambaran yang terorganisikan dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial
tersebut. Hasil penelitian, penulis menyimpulkan madrasah MTs Darul Ulum
Lhok Mon Puteh Lhokseumawe mempunyai cita-cita untuk mencetak para peserta
didiknya untuk memiliki akhlak yang mulia dan mencerdaskan peserta didiknya
agar kelak menjadi manusia yang beriman dan berguna untuk bangsa dan negara.
Pembentukan kecerdasan pada diri peserta didik telah dilakukan oleh pihak
madrasah dengan langkah-langkah yang jitu seperti penggunaan modul
pembelajaran SKI di dalam kelas. Proses pembelajaran SKI di madrasah tersebut
berjalan dengan baik dan lancar. Banyak peserta didik yang mampu memahami isi
materi dengan mudah, dikarenakan terdapat banyak langkah-langkah dalam modul
yang bisa mengasah kemampuan berfikir peserta didik. Penggunaan modul
pembelajaran SKI di dalam kelas dinilai sangat Efektif, sehingga berdampak
positif pada peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Dalam
penyusunan modul pembelajaran SKI, guru membentuk beberapa kegiatan inti di
dalam penyusunan modulnya, sehingga dapat memudahkan peserta didik dalam
memahami dan menyimpulkan isi materi.
Detail Information
Penulis |
FADLI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 112105455 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|