Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN KELOMPOK B DENGAN MENGGUNAKAN METODE IQRA’ DAN MEDIA GAMBAR PADA TK AL-IKHLAS KOTA LHOKSEUMAWE
XMLIndrawati Musri.2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Kelompok B dengan Menggunakan Metode Iqra’ dan Media Gambar
Pada TK AL-Ikhlas Kota Lhokseumawe. Skripsi Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan, IAIN Lhokseumawe. Pembimbing: (1) Dr.
Syarifah Rahmah, M.Ag, (2) Dr. Husaini, M.Ag
Kemampuan anak dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an belum berkembang
secara maksimal, ada indikasi bahwa kurang variasinya guru memberi
pembelajaran tentang membaca Al-Qur’an membuat anak tidak tuntas dalam
proses pembelajaran di kelas. Hal ini dilihat dalam proses pembelajaran anak
belum dapat mengenal bacaan Al-Qur’an dengan baik. Rumusan masalah
penelitian ini adalah bagaimana upaya peningkatan kemampuan membaca AlQur’an kelompok B dengan menggunakan metode Iqra’ dan media gambar di TK
Al- Ikhlas Lhokseumawe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menjelaskan bagaimana upaya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an
siswa kelompok B dengan menggunakan metode Iqra’ dan media gambar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2
siklus. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B Tk Al-Ikhlas Kota
Lhokseumawe yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan
membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqra’ dan media gambar
dikatakan berhasil apabila persentase kemampuan rata-rata anak mencapai 71 %,
dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Hasil penelitian pra tindakan
nilai rata-rata persentase sebesar 55,25 %, meningkat pada siklus I sebesar
69,75%,. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I telah berhasil meningkatkan
kemampuan siswa membaca Al-Qur’an, namun belum mencapai indikator
keberhasilan, sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil siklus II mencapai
kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan nilai rata-rata mencapai
79.75%. Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an ini diperoleh melalui
penggunaan metode Iqra’ dan media gambar. Ini menandakan bahwa penerapan
metode yang tepat serta bantuan media pembelajaran dapat meningkatkan
kemampuan belajar siswa.
Detail Information
Penulis |
INDRAWATI MUSRI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108597 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|