Skripsi
KEPEDULIAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN METODE IQRA’ ANAK PRA-SEKOLAH DI DESA KEUTAPANG KECAMATAN TANAH PASIR
XMLPembelajaran metode iqra’ adalah kunci dasar mampu membaca Al-Qur’an.
Huruf hijayah digunakan sebagai ejaan untuk menulis kata atau kalimat dalam Alqur’an. Tetapi kenyataannya dalam masyarakat masih ada orang tua yang kurang
memperhatikan anaknya dalam pembelajaran metode iqra’ anak usia pra sekolah,
masih banyak anak yang tidak bisa membaca iqra’ dengan lancar, akibatnya pada
saat anak masuk Sekolah Dasar maupun pengajian akan mengalami kendala
dalam metode iqra’ dan Al-qur’an yaitu lama prosesnya dalam pengajaran.
Pertanyaan penelitian bagaimanakah kepedulian orang tua dalam pembelajaran
metode iqra’ anak usia pra sekolah, adakah faktor penghambat dan pendukung
kepedulian orang tua dalam pembelajaran metode iqra’ anak usia pra sekolah.
Tujuan penelitian untuk mengetahui kepededulian orang tua dalam pembelajaran
metode iqra’ anak usia pra sekolah dan untuk mengetahui faktor penghambat dan
pendukung kepedulian orang tua dalam pembelajaran metode iqra’ anak usia pra
sekolah. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif
sedangkan yang pendekatan dalam penelitian ini menggunakan field research atau
studi lapangan. Sementara teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu orang tua yang mempunyai
anak usia pra sekolah di Desa Keutapang Kecamatan Tanah Pasir berjumlah 45
orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepedulian orang tua dalam
pembelajaran metode iqra’ anak pra sekolah di Desa Keutapang Kecamatan Tanah
Pasir masih sangat kurang kepedulian orang tua terhadap pendidikan anak pra
sekolah, dikarenakan ekonomi keluarga dan kebutuhan yang banyak sehingga
anak mereka terabaikan. Itu terbukti dalam wawancara yang peneliti lakukan,
cuma dari seper tiga saja yang peduli akan pembelajaran metode iqra’ anak pra
sekolah. Adapun faktor penghambat dan pendukung kepedulian orang tua dalam
pembelajaran metode iqra’ anak usia prasekolah yaitu, rata-rata yang menjadi
faktor penghambat disini orang tua yang selalu sibuk mencari nafakah dalam
kesehariannya sehingga kepedulian mereka kepada anak mereka terabaikan atau
bisa dikatakan sangat kurang . Sedangkan yang menjadi faktor pendukung mereka
selalu memberi uang jajan kepada anak mereka dan ikut berpartisipasi dalam
proses pengajian anak mereka dan mereka selalu mengantar jemput anak mereka
sewaktu anak mereka pergi ngaji dan ada juga orang tua , yang menguatkan
anaknya dalam meningkatkan keinginan anaknya dalam belajar dengan cara
memberi bingkisan-bingkisan atau hadiah dengan cara ini anak mereka menjadi
lebih giat lagi dalam belajar. Adanya ustadz/ustazah yang mengajar serta adanya
sarana dan prasarana.
Detail Information
Penulis |
NANDA AULIA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 122106642 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|