PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTsS DARUL ULUM LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTsS DARUL ULUM LHOKSEUMAWE

XML

Faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar matematika peserta
didik salah satunya adalah ketidaktepatan penggunaan model pembelajaran yang
digunakan guru di kelas. Kenyataan menunjukkan bahwa selama ini kebanyakan
didominasi guru. Pola pembelajaran seperti ini harus diubah dengan cara
mendidik siswa untuk mencari ilmunya sendiri. Guru harus mampu
mempengaruhi hasil belajar peserta didik dalam matematika, salah satu model
pembelajaran yang dapat membantu peserta didik berlatih memecahkan masalah
adalah model pembelajaran Problem Solving. Model ini merupakan pendekatan
pembelajaran yang mengiring peserta didik pada masalah autentik (nyata)
sehingga peserta didik dapat menyusun pengetahuannya sendiri,
menumbuhkembangkan serta meningkatkan kepercayaan dirinya. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa menjadi
lebih baik dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Solving pada
pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada kelas VIII MTsS Darul
Ulum Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
metode eksperimen dengan menggunakan teknik class random sampling. Adapun
yang menjadi populasi adalah seluruh siswa MTsS Darul Ulum Lhokseumawe.
Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIc (kelas
eksperimen) dan Kelas VIIIa (kelas kontrol). Uji homogenitas dilakukan dengan
uji F dengan hasil varians kedua kelas homogen. Sedangkan uji normalitas
menggunakan rumus Liliefors dengan hasil kedua kelas berdistribusi normal.
Teknik analisa data yang digunakan adalah uji t dengan perolehan thitung= 1,77 dan
ttabel= 1,67945. setelah pengujian hipotesis pada taraf signifikan =0,05 maka
berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tolak Ho dan terima Ha, karena thitung>ttabel
yaitu 1,77 > 1,67945. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh
Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTsS Darul Ulum
Lhokseumawe pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII
MTsS Darul Ulum Lhokseumawe”.


Detail Information

Penulis
RAHMAT DANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 112205729
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Rah p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail