Skripsi
PENERAPAN PENDEKATAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMAN 1 KUTA MAKMUR
XMLKemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berbentuk cerita perlu
mendapatkan perhatian serius karena kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari
siswa tidak menghadapi langsung bilangan atau lambang bilangan melainkan soal
cerita yang terkait dengan topik matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan
tujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa yang belajar menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan
pendekatan saintifik lebih meningkat dari pada siswa yang belajar menggunakan
pembelajaran pendekatan saintifik. peneliti menggunakan metode penelitian
kuantitatif dimana data yang peneliti peroleh diuji secara statistik dengan jenis
penelitian Quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuta Makmur yang terdiri dari 5
kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 87 orang. Sementara sampelnya adalah 2
kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) dengan menggunakan teknik random
sampling class. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa berbentuk soal pretest dan postest
berjumlah 4 butir soal. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan normalitas data
hasil tes dari kedua kelas tersebut, diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan
normal, sehingga untuk uji hipotesis digunakan uji-t. Dari hasil perhitungan
diperoleh thitung =3,33 sedangkan ttabel = 1,684, dengan demikian thitung > ttabel maka
3,33 > 1,68 yang membuktikan bahwa kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing
dengan pendekatan saintifik lebih meningkat dari pada siswa yang belajar
menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik di kelas X SMA Negeri 1 Kuta
Makmur.
Detail Information
Penulis |
SRI BERLIANA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208248 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|