Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMPN 1 LHOKSEUMAWE MELALUI PENDEKATAN KONTRUKTIVISME
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan terhadap kemampuan
berpikir kritis matematis siswa pada materi relasi dan fungsi pada kelas VIII
SMPNegeri 1 Lhokseumawe yang diajarkan dengan menggunakan Pendekatan
Kontruktisme. Harus diakui rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa
salah satunya disebabkan oleh proses pembelajaran yang disajikan masih bersifat
monoton sehingga siswa kurang mampu dalam mengamati/mengobservasi
permasalahan-permasalahan yang ada, untuk itu dibutuhkan metode pembelajaran
yang tepat dan sesuai dalam melaksanakan proses belajar mengajar agar
memudahkan persoalan yang terjadi secara tepat. Pada penelitian ini peneliti
menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang di uji secara stastik. Adapun
untuk memperoleh data dilakukan tes yang bertujuan untuk melihat kemampuan
berpikir kritis matematis siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP
Negeri 1 Lhokseumawe. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMP Negeri 1 Lhokseumawe, sedangkan untuk menentukan sampel dilakukan
dengan purposive sampling (berdasarkan pertimbangan tertentu) yang masing-masing
terdiri dari 28 dan 28 siswa, sehingga yang menjadi sampel adalah kelas VIII-B
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji
homogenitas dan normalitas data hasil tes dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa
kedua sampel homogen dan normal, sehingga untuk pengujian hipotesis
menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil penelitian diperoleh nilai >
yaitu 6,67>1,671 dengan α = 0,05 yang berarti tolak HO yang membuktikan
bahwa “Ada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMPN 1
Lhokseumawe melalui Pendekatan Kontruktivisme”.
Detail Information
Penulis |
RISKA SAPUTRI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 122206679 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|