MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBASIS MEDIA SEDERHANA DI MTsN 1 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBASIS MEDIA SEDERHANA DI MTsN 1 LHOKSEUMAWE

XML

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan adanya
penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematisc Project (MMP) berbasis
media sederhana pada pembelajaran dikelas diharapkan dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-3 di MTsN 1
Lhokseumawe. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model
pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis media sederhana
pada siswa kelas VIII-3 di MTsN 1 Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian tindakan kelas dengan metode pengumpulan data yaitu: tes, observasi
dan wawancara yang dilakukan atas 2 tindakan dengan nilai KKM 75. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 di MTsN 1 Lhokseumawe sebanyak 38
orang siswa. Adapapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah sebagai
berikut: penelitian ini berhasil atau tuntas apabila ≥75% siswa yang memperoleh
skor ≥KKM dan kegiatan pembelajaran baik dari sisi guru maupun siswa
berdasarkan hasil observasi menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis media
sederhana selesai diterapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa kelas VIII-3 di MTsN 1 Lhokseumawe. Hal ini
dikarenakan beberapa aspek kriteria keefektifan pembelajaran terpenuhi, yaitu
sebagai berikut: (1) Hasil belajar untuk kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa secara klasikal meningkat atau tuntas dengan persentase 60,53%
tindakan I meningkat menjadi 81,58% pada tindakan II. (2) aktivitas siswa dalam
mengikuti pembelajaran aktif, hal ini terlihat dari perolehan persentase yang terus
mengalami peningkatan, yaitu 82% pada tindakan I menjadi 87,5% pada
pelaksanaan tindakan II. (3) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
berada pada katagori “baik”. Hal ini juga berdasarkan peningkatan persentase
hasil observasi yang terus meningkat dimana perolehan persentase pada
pelaksanaan tindakan I hanya sebesar 83,16% menjadi 88% pada tindakan II.
Mengacu pada indikator keberhasilan penelitian, maka secara keseluruhan target
tersebut telah tercapai sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil.


Detail Information

Penulis
YULIANTI DALIMUNTHE - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208223
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail