Skripsi
PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan
Problem Posing dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa
MTsN 2 Aceh Utara. Harus diakui bahwa rendahnya kemampuan komunikasi
matematis siswa dalam pembelajaran matematika adalah penggunaan model
pembelajaran yang kurang tepat. salah satu indikator kemampuan komunikasi
matematis yaitu menjelaskan ide, situasi dan relasi matematika secara lisan,
tulisan, serta menyatakan situasi, gambar,diagram atau nyata kedalam bahasa,
simbol, idea tau model matematika. selama ini siswa tidak berani
mengkomunikasikan ide-ide, mereka hanya mampu mengerjaan soal-soal dengan
mengikuti pembahasan dan contoh yang diberikan. hal itu terjadi karena,siswa
tidak dilatih untuk mengkomunikasikan ide-ide mereka secara terbuka. Untuk itu
salah satu usaha guru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah
menggunakan pendekatan Problem Posing yang dapat mengaktifkan siswa untuk
ikut serta dalam pembelajaran dan untuk melatih siswa dalam menyampaikan
pendapat. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dengan metode eksperimen dan data yang diperoleh diuji dengan metode statistik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V11 MTsN 2 Aceh
Utara. Sementara sampelnya adalah 2 kelas yaitu (kelas eksperimen dan kelas
kontrol) yang dipilih secara acak atau dikenal dengan random samping class. jadi
sampel yang dipilih dalam penelitian ini kelas V111 sebagai kelas eksperimen dan
kelas V112 sebagai kelas kontrol. masing-masing soal terdiri dari 4 soal pre-tes
dan 4 soal post-tes. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data diperoleh bahwa
kedua sampel homogen dan normal. Untuk pengujian hepotesis digunakan uji-t.
dari hasil perhitungan diperoleh hepotesis harga untuk thitung = 1,96 dan ttabel =
1,68. Setelah pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05(dk) = 48,
diperoleh data thitung > ttabel yaitu 1,96 > 1,68 maka ditolak HO dan diterima Ha.
Sehingga dapat disimpulkan “ ada pengaruh pendekatan Problem Posing terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa MTsN 2 Aceh Utara”.
Detail Information
Penulis |
MUNAWARAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207573 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|