Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIKA SISWA SMP AL-QURAN AR-RAUDHAH
XMLPenalaran analogi matematika memiliki peranan penting dalam
menumbuhkembangkan kemampuan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menganalisis kemampuan penalaran analogi matematik siswa SMP AL-Quran
AR-Raudhah kelas VII semester ganjil tahun AJARAN 2018/2019. Penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan instrument
penelitian berupa tes penalaran analogi matematika (TPAM) dan wawancara semi
tersruktur. Hasil penelitian kemampuan penalaran analogi matematika siswa SMP Al- Quran Ar-Raudhah adalah: 1) Siswa berkategori kemampuan matematika tinggi dapat
mencapai setiap tahapan dalam penalaran analogi (Encoding, Infering, Mapping, dan
Aplying) secara sempurna dan mampu menjelaskan proses yang ia lakukan pada
setiap tahapan tersebut, Baik dalam masalah sederhana maupun masalah yang lebih
kompleks. 2) Siswa berkategori kemampuan matematika sedang dapat mencapai
9
setiap tahapan dalam penalaran analogi (Encoding, Infering, Mapping, dan Aplying)
secara sempurna dan mampu menjelaskan proses yang ia lakukan pada setiap tahapan
tersebut pada masalah yang sederhana. Namun hanya mampu mencapai tahapan
mapping untuk masalah yang lebih kompleks. 3) Siswa berkategori kemampuan
matematika rendah hanya mampu mencapai tahapan Encoding dalam penalaran
analogi. Baik dalam masalah sederhana maupun masalah yang lebihk ompleks.
Penelitian ini juga menemukan bahwa ketekunan dan minat siswa dalam belajar
matematika peran guru dan ketersediaan waktu yang memadai merupakan factor yang
dapat mempengaruhi kemampuan penalaran analogi matematika siswa SMP Al- Quran Ar-Raudhah.
Kata kunci:Analisis, kemampuan siswa, penalaran analogi matematika
Detail Information
Penulis |
WAHYUNI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208220 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|