PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASISETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMPNEGERI 2 MEURAH MULIA

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASISETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMPNEGERI 2 MEURAH MULIA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman
konsep matematika siswa yang diajari dengan model pembelajaran inkuiri
berbasis etnomatematikalebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman
konsep matematika siswa yang diajari dengan model pembelajaran konvensional
pada siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia.Harus diakui bahwa rendahnya
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, disebabkan guru tidak
mengajak siswa untuk mencari atau menemukan pemahamannya sendiri dan juga
jarang mengaitkan antara materi matematika dengan lingkungan seperti budaya
yang ada di sekitar kita.Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Meurah
Mulia.Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data
yang diperoleh diuji secara statistik.Populasinya adalah seluruh siswa kelas IX
SMP Negeri 2 Meurah Mulia.Adapun sampelnya adalah siswa kelas IX-1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas IX-2 sebagai kelas kontrol.Untuk memperoleh data
langsung dari sekolah dilakukan tes.Diperoleh hasil: 1.) Untuk nilai pre-test,uji
homogenitas diperoleh < yaitu 1,09<2,01. Uji normalitas di kelas
eksperimen diperoleh < yaitu 0,1474 < 0,173 dan di kelas kontrol
< yaitu 0,1474 < 0,1764, kedua sampel homogen dan normal, sehingga
untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan yaitu = 0,3506 dan
= 2,013 menunjukkan < , sehingga terima dan tolak
yang membuktikan bahwa “Tidak ada perbedaan kemampuan kelas eksperimen
dan kontrol.”2.) Untuk nilai n-gain,uji homogenitas diperoleh <
yaitu 1,92<2,01. Uji normalitas di kelas eksperimen diperoleh < yaitu
0,1505< 0,173 dan di kelas kontrol < yaitu 0,1434< 0,1764, kedua sampel
homogen dan normal, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak
kanan yaitu = 4,2 dan = 1,6794 menunjukkan > , sehingga tolak dan terima yang membuktikan bahwa ”Peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajari dengan model
pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematikalebih baik daripada peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajari dengan model
pembelajaran konvensionalpada materi Tabung dan Kerucut di SMP Negeri 2
Meurah Mulia”.


Detail Information

Penulis
ROSDIANA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208275
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail