PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN GEOMETRI DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MTsS SYAMSUDDHUHA COT MURONG

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN GEOMETRI DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MTsS SYAMSUDDHUHA COT MURONG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
pembelajaran dengan menggunakan alat peraga papan geometri dan Metode
Penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
MTsS Syamsuddhuha Cot Murong kelas VII pada materi bangun datar segiempat
(jajar genjang dan trapesium). Rendahnya kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa salah satunya disebabkan oleh model maupun metode
pembelajaran yang kurang efektif sehingga siswa mengalami kesulitan dalam
memahami materi yang diberikan oleh gurunya. Berdasarkan soal yang diuji
kepada siswa menunjukkan bahwa siswa kurang memahami soal dan kesulitan
untuk menyelesaikan soal. Oleh karena demikian, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga papan geometri dengan metode
penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
MTsS Syamsuddhuha. Proses pembelajaran ini melibatkan siswa secara aktif
untuk mencoba menemukan sendiri pengetahuannya sedangkan guru hanya
sebagai fasilitator yang memberi bimbingan saat diperlukan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen, yang mejadi
populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Syamsuddhuha yang terdiri dari
6 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel, yaitu kelas I1V3 sebagai kelas
eksperimen dan IIV1 sebagai kelas kontrol. Adapun untuk memperoleh data,
peneliti melakukan tes. Berdasarkan hasil perhitungan data pre-test menggunakan
uji “t” yang dilakukan dengan dk 41 siswa dengan taraf signifikan 5%, diperoleh
thitung < ttabel yaitu 0,061 < 1,683 maka terima Ho dan tolak Ha, sehingga dapat
disimpulkan bahwa “Tidak Ada Perbedaan Kemampuan Awal Kelas Eksperimen
dan Kontrol ”. Sedangkan hasil data dan pengujian hipotesis data post-test dengan
menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0.05 dengan dk = 41 diperoleh thitung =
2,787 dan ttabel = 1,683. Maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis apabila
diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 2,787 > 1,683 maka tolak Ho dan terima Ha
sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Penggunaan Alat Peraga
Papan Geometri dengan Metode Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematis Siswa di MTsS syamsuddhuha Cot Murong”.


Detail Information

Penulis
NURUL AULIA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208296
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail