Skripsi
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 7 LHOKSUKON
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terhadap pemahaman
konsep matematis siswa pada materi Aljabar Dasar pada kelas VIII SMP Negeri
7 Lhoksukon yang di ajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
matematika realistik. Harus diakui pemahaman konsep matematis siswa masih
rendah. karena siswa kurang berani untuk mengelurkan ide-ide dan gagasannya
sehingga pemahaman kosep matematis siswa terhambat dan patut diperhatikan.
Untuk itu dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dalam
melaksanakan proses belajar mengajar agar memudahkan persoalan yang terjadi
secara tepat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif
dimana data yang di uji secara statistik. Adapun untuk memperoleh data dilakukan
tes yang bertujuan untuk melihat pemahaman konsep matematis siswa pada materi
Aljabar Dasar di kelas VIII SMP Negeri 7 Lhoksukon. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Lhoksukon, sedangkan untuk
menentukan sampel dilakukan dengan random sampling (kelas acak) yang
masing-masing kelas terdiri dari 21 dan 21 siswa, sehingga yang menjadi sampel
adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas
kontrol. Berdasarkan hasil uji homongenitas dan normalitas data hasil tes dari
kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan normal,
sehingga untuk pengujian hipotesis menggunakan uji student (uji t) pihak kanan.
Kelas ekperimen mengunakan model pembelajaran matematika realistik
sedangkan kelas kontrol dilakukan tanpa menggunakan model pembelajaran
matematika realistik. hasil penelitian diperoleh nilai thitung =2,176 sedangkan nilai
ttabel = t(0,95)(40) = 1,684, dengan demikian thitung > ttabel yaitu 2,176 > 1,684 dengan
α = 0,05 yang berarti tolak H0 yang membuktikan bahwa “Ada pengaruh model
pembelajaran matematika realistik terhadap pemahaman matematis siswa pada
materi Aljabar dasar di kelas VII SMP Negeri 7 Lhoksukon”.
Detail Information
Penulis |
MASYITTAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207594 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|