PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY- TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 9 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY- TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 9 LHOKSEUMAWE

XML

Belajar matematika merupakan proses mengkonstruksi konsep-konsep dan
prinsip-prinsip yang saling berkaitan satu sama lain. Rendahnya kemampuan
pemahaman konsep matematika siswa pada saat ini tidak lepas dari proses
pembelajaran matematika, yaitu ketika guru mengajarakan rumus kepada siswa,
guru memberikan rumus sudah jadi yang terdapat dalam buku paket matematika
tanpa menjelaskan darimana rumus tersebut diperoleh. Salah satu usaha yang
dapat ditempuh adalah dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay-Two
Stray. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Two Stay-Two Stray terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa
pada sub pokok bahasan membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat serta
menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 9
Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana data
yang terkumpul dalam bentuk angka-angka yang akan dianalisis secara statistik.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP
Negeri 9 Lhokseumawe. Sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VII2
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII1 sebagai kelas control. Adapun untuk
memperoleh data, peneliti melakukan tes. Berdasarkan hasil uji homogenitas data
post test pada taraf signifikan = 0.05, sehingga diperoleh < yaitu
1.09 < 1.84, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Hasil
uji normalitas kelas eksperimen diperoleh < , yaitu 4.7664 <
11.070, maka dapat disimpulkan bahwa data kelas eksperimen berdistribusi
normal. Sedangkan untuk kelas kontrol, yaitu 1.7583 < 11.070, maka dapat
disimpulkan bahwa data kelas kontrol berdistribusi normal. Sehingga untuk
menguji hipotesis digunakan uji-t pada taraf signifikan = 0.05 dengan derajat
kebebasan ( )= ( + − 2) = 30 + 30 − 2 = 58 menunjukkan bahwa
> . Dari hasil perhitungan diperoleh = 3.199 dan =
1.6719, sehingga 3.199 > 1.6905, maka tolak Ho dan terima Ha, sehingga dapat
disimpulkan bahwa “Ada pengaruh model pembelajaran Two Stay-Two Stray
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 9
Lhokseumawe”.


Detail Information

Penulis
MAIDA YANTI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208216
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail