Skripsi
Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Tingkat SMP
XMLTujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran induktif dan
deduktif siswa MTs kelas VIII pada pokok bahasan lingkaran sudah mencapai taraf
berhasil. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dimana data yang
terkumpul dalam bentuk angka-angka yang akan di uji dengan metode statistik.
Untuk memperoleh data yang dibutuhkan langsung dari lapangan, maka penulis
melakukan tes.Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran induktif
dan deduktif siswa kelas VIII MTs Raudhatul Jannah pada pokok pembahasan
lingkaran.Hasil pengujian homogenitas, diperoleh Fhitung
kemampuan pemahaman kedua kelas tersebut sama. Pengujian normalitas nilai posttest
kelas eksperimen pada tarif signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = k –
1 = 7 – 1 = 6 diperoleh χ²
hitung < χ²
tabel yaitu : 8,908 < 12,592 maka dapat disimpulkan
bahwa nilai tes akhir kelas eksperimen berdistribusi normal. Selanjutnya pengujian
normalitas nilai tes akhir kelas kontrol (dk) = k – 1 = 7 – 1 = 6 diperoleh χ²
hitung <
χ²
tabel yaitu 10,6673 < 12,592 maka dapat disimpulkan bahwa nilai tes akhir kelas
eksperimen berdistribusi normal. oleh karena uji prasyarat analisis data sudah
terpenuhi maka dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil data
dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05
dengan dk = 59 menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 11,22 > 1,671 , maka H0
ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa : “Ada
pengaruh metode Problem Based Learningterhadap kemampuan penalaran matematis
siswa kelas VIII MTsS Raudhatul Jannah Puenteut.”
Detail Information
Penulis |
FAKHRUL REZA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 122206684 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|