PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMSGAMES TOURNAMENT(TGT) BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI SMPNEGERI 11 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMSGAMES TOURNAMENT(TGT) BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI SMPNEGERI 11 LHOKSEUMAWE

XML

Siswa pada saat ini umumnya mempunyai tingkat kemampuan pemahaman konsep
matematika sangat rendah, salah satu penyebabnya yaitu penggunaan alat peraga untuk
menanamkan kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika masih
jarang digunakan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan sebuah
penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT berbantu alat
peraga dalam pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan
pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh peneliti diuji secara statistik. Adapun
untuk memperoleh data langsung dari lapangan maka peneliti melakukan pre-test dan
post-test. tes tersebut bertujuan untuk melihat kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 Lhokseumawe. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 yang terdiri dari 6 kelas, sedangkan
yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah VII1 sebagai kelas eksperimen dan
kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dilakukan dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif Team Game Turnament (TGT) berbantu alat peraga,
sedangkan kelas kontrol dilakukkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan
hasil uji homogenitas, diperoleh Fhitung =1,03 dan Ftabel, yaitu =1,96 yang menunjukkan
Fhitung uji normalitas kelas eksperimen diperoleh 0,060923 <0.6755 maka dapat disimpulkan
bahwa populasi berdistribusi normal dan hasil uji normalitas kelas kontrol diperoleh 060923
<0.6755 maka dapat disimpulkan bahwa populasi berdistribusi normal. Sehingga untuk
pengujian hipotesis digunakan uji t pihak kanan. Hasil penelitian diperoleh thitung = 1,84 dan ttabel = 1,67 dengan α = 5% yang berarti tolak HO, yang membuktikan bahwa “kemampuan
pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif TGT berbantu alat
peraga lebih baik dibandingkan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional di
SMP Negeri 11 Lhokseumawe.


Detail Information

Penulis
MAULIDIAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208222
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail