PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMK NEGERI 2 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMK NEGERI 2 LHOKSEUMAWE

XML

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembebelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan penalaran matematis
siswa pada materi relasi dan fungsi dikelas X SMK Negeri 2 Lhokseumawe.
Rendahnya penalaran matematis siswa disebabkan karena kurangnya kemampuan
siswa dalam bernalar ketika menyelesaikan suatu permasalahan dan siswa kurang
terampil dalam menarik suatu kesimpulan, dan siswa jarang memberikan atau
mengeluarkan ide-ide atau gagasan-gagasan yang ada dalam pemikiran mereka
karena mereka hanya terpacu pada satu solusi. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Butik Busana
di sekolah SMK Negeri 2 Lhokseumawe. Sementara sampelnya terpilih 2 kelas yaitu
kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik random sampling
class, yang terpilih menjadi sampelnya kelas X BB-4 sebagai kelas eksperimen dan
kelas X BB-5 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini
adalah pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian (1) Uji beda kemampuan
awal diperoleh thitung = 0,28 dan ttabel = 1,69 setelah pengujian hipotesis pada taraf
signifikan α = 0,05 dan (dk) = 37, diperolehn t1- α = t1-0,05 = t0,95 = 1,69, berdasarkan
kriteria pengujian hipotesis maka terima H0 karena thitung < ttabel, yaitu 0,28 < 1,69
yang berarti tidak ada perbedaan kemampuan awal kelas eksperimen dan kelas
kontrol, sedangkan (2) Uji beda kemampuan akhir diperoleh thitung = 3,23 dan ttabel =
1,69 setelah pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 dan (dk) = 37
berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka tolak H0 karena thitung > ttabel yaitu 3,23
> 1,69. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan
penalaran matematis siswa kelas X SMK Negeri 2 Lhokseumawe.


Detail Information

Penulis
AFRAH TUSTURI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208264
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail