ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 MADAT

Record Detail

Skripsi

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 MADAT

XML

Tujuan diadakan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang
dialami siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar dan menganalisis faktorfaktor
penyebabnya. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan seperti tidak
memahami formula dari bentuk aljabar, teknik penyelesaian, tidak mengenal yang
mana yang dimaksud dengan variabel, konstanta, dan suku. Oleh karena itu jika
siswa diberi soal-soal latihan mereka tidak bisa menjawab, yang bisa mereka
jawab hanya soal-soal yang sama persis dengan yang dicontohkan oleh guru. Jenis
penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dengan teknik tes dan wawancara yang diberikan pada siswa
kelas VII SMPN 2 Madat pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Teknik
analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyatakan (1) kesulitan mentransfer pengetahuan yang
berkaitan mengenai konsep operasi bentuk aljabar, meliputi: keulitan pada konsep
perkalian, serta konsep pecahan bentuk aljabar. (2) kesulitan dalam kemampuan
bahasa matematika yaitu kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bentuk
aljabar dan memahami maksud soal bentuk aljabar. (3) kesulitan dalam
menghitung soal bentuk aljabar yaitu pada operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian bilangan bulat bentuk aljabar, serta menghitung operasi
hitung pecahan bentuk aljabar. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami
kesulitan meliputi: kurangnya minat siswa, kebingungan dalam konsep
pengerjaan, prosedur pengerjaan yang sulit, kurang ketelitian siswa saat
menyelesaikan, kurang cermat dalam memahami kata demi kata pada soal, siswa
belum memahami materi prasyarat mengenai bilangan bulat, motivasi belajar
kurang, suasana kelas yang tidak nyaman dan strategi pembelajaran yang
monoton. Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa yang menjadi jenis
kesulitannya ialah kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, memahami bahasa
matematika dan menghitung. Dan penyebab kesulitannya adalah kurang
memahami konsep dan proses penyelesaiannya.


Detail Information

Penulis
RAHMANIDAR - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208285
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail