Skripsi
PENGARUH PENGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTsN 7 ACEH UTARA
XMLRendahnya kemampuan komunikasi siswa ditinjau dari kurangnya pemahaman siswa
dalam menyatakan soal cerita kedalam bentuk simbol matematika, Siswa tidak
dihadapkan pada permasalahan yang bersifat menemukan atau menghubungkan
pengetahuan atau informasi yang telah mereka dapatkan, Kesempatan siswa untuk
memberikan ide-ide atas permasalahan matematika dapat dikatakan tidak ada sama sekali
dikarenakan siswa hanya diberi kesempatan untuk bertanya tentang kekurangan
pemahaman pada contoh soal saja dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi
pembelajaran yang telah disampaikan serta kurangnya ketertarikan siswa dengan media
pembelajaran yang kurang menyenangkan. Maka, hal yang dibutuhkan adalah
memfasilitasi siswa dengan sebuah pembelajaran yang menyenangkan dan memotivasi
siswa untuk belajar sehingga terjadilah interaksi belajar yang membuat guru bukan lagi
sebagai sumber belajar melainkan guru sebagai fasilitator yang membuat pembelajaran
menjadi menyenangkan. Salah satu alternatif media pembelajaran yang sesuai dengan
permasalahan di atas adalah pembelajaran mengunakan media komik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui “pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa yang
diajarkan dengan media komik lebih baik dari pada pembelajaran tanpa media komik
pada materi Persamaan dan pertidaksamaan Linear Satu Variabel di kelas VII MTsN 7
Aceh Utara”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana data yang diperoleh
diuji secara statistik. Adapun instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan
komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII MTsN 7 Aceh Utara, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VII3 sebagai kelas
eksperimen yang akan diajarkan dengan menggunakan media komik dan kelas VII2
sebagai kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan media komik. Berdasarkan data
yang telah terkumpul dan setelah dilakukan pengolahan data serta dilakukan uji
homogenitas diperoleh kedua kelompok data tersebut homogen. Kemudian dilakukan
pengujian normalitas data baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol diperoleh
bahwa data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Selanjutnya untuk
pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh untuk pre-test thitung = 0,59
sedangkan nilai ttabel = 2,02 dengan demikian thitung < ttabel, yaitu 0,59 < 2,02 yang berarti
terima
Ho
dan tolak Ha sehingga dapat dirumuskan bahwa “Nilai rata-rata kemampuan
awal kelas eksperimen sama dengan kelas kontrol” . dan untuk post-test thitung = 4,24
sedangkan nilai ttabel = 2,02 dengan demikian
hitung tabel t t
, yaitu 4,24 > 2,02 dengan
5% yang berarti tolak
Ho
dan terima Ha yang membuktikan bahwa “Nilai rata-rata
kemampuan nilai matematis komunikasi siswa yang yang diajarkan dengan menggunakan
Media Komik Dalam Pendekatan Saintifik lebih baik dari pada siswa yang diajarkan
menggunakan Pendekatan Saintifik tanpa Media Komik pada siswa kelas VII MTsN 7
Aceh Utara”.
Detail Information
Penulis |
DELVIA RAHMI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208270 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|