PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 3 MEURAH MULIA

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 3 MEURAH MULIA

XML

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disebabkan
karena penggunaan pendekatan pembelajaran yang hanya berpusat pada guru,
kesulitan siswa dalam memahami konsep dan memecahkan suatu masalah. Siswa
juga kurang diberi kesempatan untuk aktif dalam menyampaikan ide-idenya
dalam pembelajaran serta keterbatasan dalam memilih model pembelajaran yang
tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 3 Meurah Mulia melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih baik dari pada pembelajaran
konvensional. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif
dimana data yang peneliti peroleh diuji secara statistik. Adapun untuk
memperoleh data dilakukan tes yang bertujuan untuk megetahui kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Meurah Mulia
pada materi Operasi hitung pada bentuk aljabar. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Meurah Mulia, sedangkan
pengambilan sampel secara random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel
secara acak sehingga diperoleh kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen, kelas VIII2
sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan normalitas data hasil
tes dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan normal,
sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Kelas
eksperimen dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw dan pada kelas kontrol dilakukan dengan menggunakan metode
Ekspositori. Hasil penelitian diperoleh thitung = 3,861 sedangkan nilai ttabel = 2,021
dengan demikian hitung tabel t  t , yaitu 3,861 > 2,021 dengan   5% yang berarti
tolak Ho
, yang membuktikan bahwa “Peningkatan pemahaman konsep matematis
siswa yang diajarkan melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari
pada siswa yang diajarkan melaui pembelajaran konvensional di SMP Negeri 3
Meurah Mulia”.


Detail Information

Penulis
Asmaul Husna - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208293
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail