PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 SYAMTALIRA ARON

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 SYAMTALIRA ARON

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi
matematis siswa melalui pendekatan matematika realistik siswa SMP Negeri 2
Syamtalira Aron, rendahnya komunikasi matematis disebabkan siswa kurang
diberi kesempatan untuk mengungkapkan idenya dan menjelaskan secara lisan
atau tertulis mengapa mereka memperoleh jawaban tersebut. Siswa tersebut
belajar seolah-olah dengan tekanan tanpa memiliki kesempatan untuk
menganalisis, menjelaskan, mengembangkan atau menyeleksi ide mereka,
sehingga pembelajaran yang dicapai tidak sesuai dengan yang diharapkan dalam
mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu,
dibutuhkan suatu metode atau pendekatan kegiatan pembelajaran yang dapat
mengembangkan kemampuan komunikasi matematis. Salah satunya dengan
menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR). Pembelajaran
matematika realistik yang dimaksudkan dalam hal ini adalah matematika sekolah
yang dilaksanakan dengan menempatkan realistik dan pengalaman siswa sebagai
titik awal pembelajaran. Masalah masalah realistik digunakan sebagai sumber
munculnya konsep konsep matematika atau pengetahuan matematika formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen, dalam
penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang
diperoleh diuji secara statistik. Adapun untuk memperoleh data langsung dari
sekolah dilakukan tes. Tes tersebut bertujuan untuk melihat pemahaman konsep
matematika siswa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Syamtalira Aron. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13
Lhokseumawe, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas VIII3, sebagai
kelas eksperimen, kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Hasil pengujian homogenitas
diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,28 < 2,01 maka dapat disimpulkan kedua data
homogen. Pengujian normalitas dari tabel Lilliefors diperoleh data kelas
eksperimen yaitu 0,1660 < 0,1764 maka dapat disimpulkan bahwa
data berdistribusi normal. Selanjutnya pengujian normalitas dari tabel Lilliefors
diperoleh data kelas kontrol diperoleh 0,1564 < 0,173 maka dapat
disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Dari kedua kelas tersebut dapat
disimpulkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Untuk pengujian hipotesis
digunakan uji-t pihak kanan. Hasil penelitian diperoleh yaitu
3,4504 > 1,6794 maka tolak H0 dan terima Ha, yang membuktikan bahwa “ada
pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi
matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Syamalira Aron pada materi Aljabar.”


Detail Information

Penulis
AKTAILLAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208260
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail