UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) PADA POKOK BAHASAN JENIS – JENIS OLAHRAGA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SLB CINTA MANDIRI (PenelitianTindakanKelas)

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) PADA POKOK BAHASAN JENIS – JENIS OLAHRAGA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SLB CINTA MANDIRI (PenelitianTindakanKelas)

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi minimnya pengeahuan siswa/i SLB Cinta
Mandiri tentang jenis-jenis olahraga dan peraturan permainannya sedangkan siswa
sangat antusias dalam mengikuti pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
(PJOK) yang menjadi permasslahan dalam penelitian ini adalah randahnya hasil
belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa/i SLB Cinta
Mandiri sehingga peneliti mengambil rumusan masalah yaitu “bagaimana upaya
meningkatkan hasil belajar pendidkan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK)
pada pokok bahasan jenis-jenis olahraga dengan menggunakan media gambar dan
metode demonstrasi pada siswa kelas IV SLB Cinta Mandiri”?
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar PJOK
pada siswa kelas IV SLB Cinta Mandiri dengan menggunakan media gambar dan
metode demonstrasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SLB Cinta mandiri yang berjumlah 10
siswa. Desain penelitian menggunakan model Kurt Lewin dengan dua siklus dan
setiap siklusnya menerapkan langkah- langkah perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes,
dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru dan
siswa untuk menilai aktivitas siswa serta tes tertulis untuk mengukur hasil belajar
siswa dan juga dokumentasi untuk mendokumentasikan kegiatan siswa dan guru. Analisis data yang digunakan untuk hasil tes siswa adalah analisis deskriptif
ii
kuantitatif untuk mengukur hasil belajar. Keberhasilan pencapaian hasil belajar
siswa adalah 60% siswa yang tuntas mencapai KKM dengan nilai yaitu ≥ 60. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan metode demonstrasi
dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar PJOK pada siswa kelas IV
SLB Cinta Mandiri. Dibuktikan dengan hasil belajar siswa meningkat setelah
tindakan siklus I siswa yang tuntas berjumlah 4 siswa dengan persentase
ketuntasan yaitu sebesar 40% (dari hasil pra tindakan yaitu 20%) dan setelah
tindakan siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai 8 siswa dari total 10 siswa
dengan presentase ketuntasan 80% (dengan pra tindakan 20%) yang artinya hasil
belajar siswa pada mata pejaran PJOK meningkat. Persentase ketuntasan nilai
siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan 20% (2 siswa tuntas dan 8 siswa
belum tuntas) setelah tindakan siklus I adalah 40% (4 siswa tuntas dan 6 siswa
belum tuntas) dan setelah siklus II sebesar 80% (8 siswa tuntas dan 2 siswa belum
tuntas).
Kata Kunci : Hasil belajar, PJOK, Media Gambar, Metode demonstrasi, Siswa
Kelas IV SLB Cinta Mandiri.


Detail Information

Penulis
Kartini - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152609242
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PGMI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail