MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS LIPAT PADA SISWA DI KELAS III SD NEGERI 20 BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS LIPAT PADA SISWA DI KELAS III SD NEGERI 20 BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Masalah yang dihadapi oleh guru kelas III SD Negeri 20 Banda Sakti adalah
rendahnya nilai pada materi pecahan Sederhana. Berdasarkan hasil observasi
diperoleh data bahwa tahun ajaran 2017-2018 tercatat sebesar 70% siswa belum
tuntas, sedangkan 30% siswa sudah tuntas atau telah memenuhi KKM yang
ditetapkan sekolah yaitu 65. Salah satu penyebab kondisi tersebut terjadi adalah
kurang tepatnya media yang digunakan oleh guru serta pembelajaran yang telah
banyak berpusat pada guru (konvesional). Menyebabkan siswa cepat merasa
bosan dan membutuhkan waktu berfikir lama dalam menjawab pertanyaan. Oleh
karena ditemukan masalah penulis dapat merumuskan rumusan masalah sebagai
berikut bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan
menggunakan media kertas lipat pada siswa kelas III SD Negeri 20 Banda Sakti.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran
pecahan sederhana dengan menggunakan media kertas lipat. Jenis pendekatan
penelitian dan metode penelitian ini adalah: pendekatan kualitatif antara lain; 1)
penelitian bertindak sebagai intrumen pertama; 2) mempunyai latar yang alami, 3)
hasil penelitian bersifat deskriftif; 4) lebih mementingkan proses; 5) analisis data
bersifat induktif. Adapun metode yang digunakan adalah: 1) tes tulis; 2)
wawancara; 3) observasi; 4) catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media kertas lipat dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pecahan
sederhana. Nilai hasil belajar belum mengalami peningkatan pada siklus I
ketuntasan hasil belajar mencapai 57.14% persentase tersebut belum mencapai
taraf ketuntasan sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 85.71%.
peningkatan tersebut membuktikan bahwa media kertas lipat dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada materi pecahan sederhana menjadi pembelajaran yang
menyenangkan dan tidak membosankan sehingga siswa lebih mudah memahami
materi pecahan sederhana.


Detail Information

Penulis
ZAIRAWATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152609262
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PGMI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail