UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LATIN DAN MENULIS LATIN DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU TEMA 6 SUB TEMA I (LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT DAN ASRI) KELAS I DI SD NEGERI 20 BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LATIN DAN MENULIS LATIN DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU TEMA 6 SUB TEMA I (LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT DAN ASRI) KELAS I DI SD NEGERI 20 BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE

XML

Masalah yang dihadapi guru kelas I SD Negeri 20 Banda Sakti adalah rendah nya
nilai membaca dan menulis latin. Berdasarkan hasil obseravasi diperoleh data
tahun 2017/2018 tercatat sebesar 70% siswa belum tuntas, sedangkan 30% siswa
sudah tuntas atau telah memenuhi KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 65.
Salah satu penyebab kondisi tersebut terjadi adalah kurang tepatnya media yang
digunakan oleh guru serta pembelajaran yang masih berpusat kepada guru (
Konvesional). Menyebabkan siswa cepat merasa bosan dan membutuhkan waktu
berpikir lama dalam memjawab pertanyaan. Oleh karena itu setelah ditemukan
masalah penulis dapat merumuskan masalah bagaimana upaya meningkatkan
kemampuan membaca latin dan menulis latin pada pembelajaran tematik terpadu
tema 6 sub tema i (lingkungn bersih, sehat, dan asri) kelas I di SD Negeri 20
Banda Sakti.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media gambar
dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan tests, observasi,
dan catatan lapangan. Media yang digunakan adalah media gambar. Analisis data
menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berguna bagi
siswa, guru, lembaga pendidikan, dan peneliti lainnya. Latar belakang masalah
dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca dan menulis siswa.
Dikarenakan kurangnya penerapan metode yang tepat dan bervariasi.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) bagaiman kemampuan
belajar membaca latin dan menulis latin siswa kelas I dengan menggunakan
media gambar di SD Negeri 20 Banda Sakti. 2) Apakah kemampuan membaca
latin dan menulis latin siswa kelas I SD Negeri 20 Banda Sakti dapat ditingkatkan
dengan media gambar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari data pengamatan penelitian
yang dilakukan oleh peneliti, didapatkan hasil belajar siswa hanya memcapai
61,75. Setelah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas siklus I terjadi
peningkatan, dengan 11 siswa atau 47.82 % berkemampuan membaca dan
menulis sedangkan 12 siswa atau 52.11% tidak berkemampuan . dan tindakan
siklus II meningkatkan lagi dengan keseluruhan subyek telah mencapai
kemampuan membaca latin dan menulis latin dengan jumlah nilai 86.95%.


Detail Information

Penulis
ANIZAR - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152609265
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PGMI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail