Skripsi
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MIN 5 KOTA LHOKSEUMAWE
XMLMasalah yang terdapat guru tidak memberi pengawasan secara langsung pada
murid saat proses pembelajaran dikelas, tahap menalar, mencoba dan
mengkomunikasikan jarang di aplikasikan, banyak siswa yang kurang meminati
pembelajaran bahasa indonesia, serta kuranya menggunakan media pembelajaran.
Penelitian ini untuk mendeskripsikan pengetahuan dan penerapan pendekatan
saintifik pada pembelajaran bahasa indonesia kelas V di MIN 5 Kota
Lhokseumawe. Dalam hal ini tujuan peneliti melakukan penelitian adalah (1)
untuk mengetahui bagaimana pengetahuan dan penerapan pendekatan saintifik
pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V di MIN 5 Lhokseumawe.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah guru kelas V, siswa kelas V, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan
data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) guru dan kepala sekolah mengetahui
tentang penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia, 2) guru melaksanakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa indonesia,
akan tetapi belum maksimal khususnya bahasa Indonesia yang mencakup 5 M. 3) adanya hambatan yang ditemui dalam penerapan pendekatan saintifik yaitu,
keberanian siswa dalam bertanya kurang, pada saat proses pembelajaran
berlangsung siswa kurang berani untuk mengajukan pertanyaan, kurangnya
minat siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia, serta jarangnya guru menggunakan
media pembelajaran, minimnya pengawasan dan bimbingan guru terhadap siswa
didalam proses pembelajaran bahasa Indonesia.
Detail Information
Penulis |
NURUL ANNISA AULIANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142608455 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PGMI
|