Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PERKALIAN DUA BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF SISWA KELAS III SD NEGERI 6 BLANG MANGAT
XMLPenelitian ini berjudul “Upaya meningkatkan hasil belajar tematik pada pokok
bahasan operasi hitung perkalian dua bilangan dengan menggunakan media
manipulatif siswa Kelas III SD Negeri 6 Blang Mangat” Penelitian ini untuk
menjawab pertanyaan penelitian “Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa
dengan menggunakan media manipulatif pada pokok bahasan operasi hitung
perkalian di kelas III SD Negeri 6 Blang Mangat” Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitiannya adalah siswa kelas III SD Negeri 6 Blang Mangat. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) metode
observasi partisipan karena guru sebagai peneliti sekaligus mengamati dan
diamati secara langsung oleh kolaborator yang juga mengamati keaktifan guru dan
siswa selama proses pembelajaran berlangsung.(2) metode tes digunakan untuk
mengetahu hasil belajar siswa setelah mengerjakan soal-soal yang diberikan
diakhir pembelajaran pada tiap-tiap siklusnya. Penelitian dilaksanakan dalam 2
Siklus. Siklus pertama dengan hasil nilai rata-rata kelasnya 70,03 yang dicapai
oleh 14 siswa yang tuntas dari 30 siswa, dengan ketuntasan mencapai 53%. dari
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70, siklus kedua dengan nilai rata-rata kelas
75,26 yang dicapai oleh 26 siswa yang tuntas dari 30 siswa dengan ketuntasannya
mencapai 86,66%.Berdasarkan data tersebut dengan Penerapan Media Manipulatif
siklus I dan II dapat diketahui adanya peningkatan hasil belajar setelah
diterapkannya Media Manipulatif. Jadi, Media manipulatif dapat meningkatkan
hasil belajar Tematik pada pokok bahasan operasi hitung perkalian.
Detail Information
Penulis |
ZUBAIDAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152609240 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PGMI
|