PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA PADA MATERISIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS IV MIN 1KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA PADA MATERISIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS IV MIN 1KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Motivasibelajar perlu ditanamkan kepada peserta didik sejak dini yaitu sejak anak
tersebut masih duduk dibangku sekolah dasar. Mereka dituntut mengerti tentang
definisi, pengertian, cara pemecahan masalah maupun
keterampilandalampembelajaran IPA secara benar karena hal tersebut akan
menjadi bekal dalam mempelajariIPA pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Akan tetapi, guru hanya memberikan gambarIPA dalam bentuk jadi kepada siswa
tanpa adanya jalan penemuan prakteklangsung yang diberikan, sehingga motivasi
yang didapatjuga masih rendah. Selain itu, guru dalam mengajar hanya
berpegang pada buku-buku paket saja dan kurang mengaitkan dalam kehidupan
nyata, hal ini mengakibatkan siswa merasa IPA kurang bermanfaat untuk
dipelajari.Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah adakah pengaruh
metode demontrasi terhadap motivasi belajar IPA pada materi sifat-sifat cahaya di
kelas IV MIN 1 Lhokseumawe.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasibelajarIPA pada
materi sifat-sifatcahaya di kelas IV MIN 1 Lhokseumawe. Jenis penelitian yang
digunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas IV MIN 1
Lhokseumawedancarapengambilansampeldenganrandom
samplingclass,makaterpilih 2 kelasyaitusebagai kelas kontrol yaitu kelas IV
Firdaus dengan jumlah siswa/i sebanyak 32 orang dan kelas eksperimen yaitu
kelas IV Darussalam dengan jumlah siswa/i sebanyak 33 orang. Hasil data dan
pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Pada pengujian hipotesis
diperoleh harga thitung = 6,41 dan ttabel = 2,000. Setelah pengujian hipotesis pada
taraf sigifikan   0,05 dan (dk) = 63. berdasarkan kriteria pengujian hipotesis
maka tolak H0, karena thitung ≥ttabel yaitu 6,41≥2,000. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh metode demontrasi terhadap motivasi belajar
IPA pada materi sifat-sifat cahaya di kelas IV MIN 1 Lhokseumawe.


Detail Information

Penulis
CUT SAFITRI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142608462
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PGMI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail