PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATISPADA MATERI PERKALIAN 11-15 DI KELAS IV MIN 1 KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATISPADA MATERI PERKALIAN 11-15 DI KELAS IV MIN 1 KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disebabkan siswa
belum paham mengenai materi yang dipelajarinya dan kegunaan dari materi
tersebut sehingga siswa membuat persepsi bahwa kegunaan dari mempelajari
matematika hanya sebatas untuk meningkatkan nilai pelajaran matematika dan
tidak bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.Pembelajaran yang
diterapkan oleh guru kurang bervariasi, hal ini terlihat pembelajaran hanya
berpusat pada guru, sehingga siswa hanya diaktifkan untuk menerima materi
pembelajaran dari guru saja.Pola pikir siswa secara tidak langsung dipaksa untuk
mengingat dan menimbun serta menghafal berbagai informasi tanpa dituntut
untuk memahami informasi yang diingat. Sehingga menyebabkan kemampuan
pemahaman matematis siswa tidak berkembang.Untuk itu perlu adanya metode
pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
matematis, salah satu metode pembelajaran tersebut adalah metode jarimatika.
metode jarimatika adalah cara berhitung penjumlahan, pengurangan,perkalian,
dan pembagian dengan menggunakan jari tangan agar tujuan pembelajaran
tercapai.Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah adakah pengaruh metode
jarimatika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi
perkalian 11-15 di kelas IV MIN 1 Kota Lhokseumawe. Adapun tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematis pada materi perkalian 11-15 di kelas IV MIN 1
Lhokseumawe. Jenis penelitian yang digunakan jenis penelitian kuantitatif dengan
pendekatan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa/i kelas IV MIN 1 Lhokseumawe, sebagai kelas kontrol yaitu kelas IV
Darussalam dengan jumlah siswa/i sebanyak 32 orang dan kelas eksperimen yaitu
kelas IV Firdaus dengan jumlah siswa/i sebanyak 33 orang. Hasil data dan
pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Pada pengujian hipotesis
diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 3,32 ≥1,98pada derajat kebebasan (dk) = 63 dengan
taraf signifikan sebesar 5%. Maka hasil yaitu terima Ha
.Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematis pada materi perkalian 11-15 di kelas IV MIN 1
Kota Lhokseumawe.


Detail Information

Penulis
ISNA YUNITA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142608456
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PGMI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail