Skripsi
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGENAL HURUFABJAD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODEPICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS ISD NEGERI 20 BANDA SAKTI
XMLKemampuan anak dalam mengenal huruf Abjad nilainya masih dibawah standar
ketuntasan, dalam pelajaran metode yang digunakan guru masih belum begitu
terarah dan belum sempurna serta kurang efektif. Aspek afektif serta antusias anak
dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesiakurang berminat, anak lebih
banyak bergurau, tidak serius, kurangnya perhatian dan bahkan bermain sendiri
sehingga tidak adanya stimulus respon ketika pelajaran berlangsung di kelas dan
masih perlu peningkatan, anak kesulitan saat menyebutkan huruf abjad, anak
belum mampu menyebutkan secara teratu, anak tidak mampu membedakan huruf
yang hampir sama bunyinya, sehingga apa yang diucapkan anak tidak jelas dan
mantap. Hal ini disebabkan oleh metode yang dipilihdan digunakan oleh
gurubelum mampu untuk menarik minat anak dalam meningkatkan kemampuan
mengenal huruf abjad. Berdasarkan permasalahan ini peneliti melakukan
penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam
Mengenal Huruf Abjad pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan
menggunakan metode picture and picture pada siswa kls I” karena menghadapi
masalah tentang nilai pada peserta didik di SD 20 Banda Sakti Kota
Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah terjadi
peningkatan atau pengaruh terhadap media kartu bergambar pada peningkatan
kemampuan mengenal huruf abjad di SD 20 Banda Sakti Kota Lhokseumawe
Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
PTK yang bertujuan untuk meningkatkan daya fikir anak dalam kemampuan
mengenal huruf abjad bagi anak. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan
lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan, metode picture and picture
efektif digunakan pada peningkatan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak
di SD 20 Banda Sakti, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan motivasi dan
keaktifan peserta didik terlihat pada, perhatian, ketertarikan, rasa ingin tahu,
mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, kemauan
bertanya dan mengemukakan pendapat, yaitu, hasil penilaian kemampuan
mengenal huruf abjad pada didapat dari skor rata-rata pada siklus I diperoleh
yaitu 67,5 % yang berarti mulai belum tuntas, pada siklus II pada materi mengenal
mengenal huruf Abjad sebanyak 13 yaitu (88,75 %) dalam kemampuan mengenal
huruf Abjad melalui media picture and picture meningkat.
Detail Information
Penulis |
JULIA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152609249 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PGMI
|