Skripsi
TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PELAYANAN DALAM MENJUAL SEPEDA MOTOR SECARA KREDIT DAN TUNAI (Studi pada PT. Capella Dinamik Nusantara Lhokseumawe)
XMLDalam kehidupan bermasyarakat, umat sering menemui bentuk-bentuk
bermuamalah. Salah satu bentuk muamalah adalah jual beli. Jual beli yang
diperbolehkan oleh Islam adalah jual beli yang tidak mengandung riba, gharar, dan maysir. Dalam bermuamalah pebisnis harus memperhatikan etika bisnis, baik
dalam masalah harga maupun perlakuan terhadap konsumen. Di Dealer PT.
Capella Dinamik Nusantara terdapat perbedaan perlakuan terhadap calon pebeli
yang membeli secara cash dan secara kredit, dimana pembeli kredit lebih
diutamakan. Rumusan maslah untuk penelitian ini adalah: bagaimana bentuk
pelayanan pada PT. Capella Dinamik Nusantara kepada konsumen?, bagaimana
tinjauan etika bisnis Islam terhadap pelayanan di Dealer Sepeda Motor terhadap
konsumen? Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan bentuk
pelayanan pada PT. Capella Dinamik Nusantara kepada konsumen, untuk
menganalisa pandangan etika bisnis Islam terhadap pelayanan di Dealer Sepeda
Motor terhadap konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu
suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata
tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian ini
adalah: Pertama, bentuk pelayanan pada Dealer PT. Capella Dinamik Nusantara
Lhokseumawe sesuai dengan standar operasional perusahaan. Namun setelah
penulis membandingkan antara hasil wawancara dengan konsumen dan pihak
Dealer PT. Capella Dinamik Nusantara Lhokseumawe, penulis menumukan satu
kukurangan, yaitu perbedaan pelayanan antara konsumen yang membeli secara
tunai dan secara kredit, Kedua, perbedaan perlakuan kepada calon pembeli tidak
sesuai dengan etika bisnis Islam karena tidak memperlakukan konsumen secara
adil dan tidak jujur, padahal dalam sebuah bisnis Islami customer adalah raja, dan
sebagaimana mestinya seorang raja harus diperlakukan secara khusus. Hal ini
menyangkut bagaimana pelayanan kita kepada mereka, para customer akan
merasa lebih nyaman jika kita dapat memberikan service yang memuaskan. Kata Kunci: Pelayanan, Cash dan Kredit, Etika Bisnis Islam
Detail Information
Penulis |
MULYANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 131207294 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
EKONOMI SYARIAH
|