UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR MELALUI METODE DEMONSTRASI DI USIA 4 TAHUN PADA TK PEMBINA SYAMTALIRA BAYU KELAS A

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR MELALUI METODE DEMONSTRASI DI USIA 4 TAHUN PADA TK PEMBINA SYAMTALIRA BAYU KELAS A

XML

ABSTRAK
Cut Rahmadani. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar
Melalui Metode Demonstrasi pada TK Pembina Syamtalira Bayu
Kelas A. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Lhokseumawe. Pembimbing: (1) Jufri, MA, Pembimbing (2) Mutia
Sari, M.Pd.
Kemampuan motorik kasar anak belum berkembang secara optimal,
diantaranya adalah pada kegiatan permainan lompat kodok. Kurangnya
koordinasi otot- otot besar anak dalam pembelajaran, contohnya anak tidak
mampu mengkoordinasikan kaki, tangan dan seluruh tubuh secara lancar
ketika melakukan kegiatan permainan lompat kodok. Penelitian ini
bertujuan untuk melatih ketangkasan fisik dan motorik kasar anak pada
kegiatan permainan lompat kodok melalui metode demonstrasi yang
dilakukan di kelas A TK Pembina Syamtalira bayu. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan guru yang
dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap masing-masing siklus mempunyai
4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelas A TK Pembina
Syamtalira bayu yang berjumlah 40 anak. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar
observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan
kuantitatif. Peningkatan kemampuan motorik kasar dikatakan berhasil
apabila persentase kemampuan mororik kasar anak mencapai 75-80 %
dengan kriterian Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian
kemampuan motorik kasar Pra Tindakan dengan nilai rata-rata persentase
sebesar 0 %. Hasil penelitian kemampuan motorik kasar melalui metode
bermain peran pada siklus I dengan nilai rata-rata persentase sebesar
46,4% atau 46%, interval dibawah 50% termasuk kategori Belum
Berkembang (BB), sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil siklus II
pencapaian kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan nilai rata-rata
sebesar 82%. Berdasarkan hasil peningkatan ini diperoleh dari upaya
peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui metode demonstarsi
dalam kegiatan permainan lompat kodok.


Detail Information

Penulis
CUT RAHMADANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132507874
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PIAUD

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail