MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE IQRA’ DI BALAI PENGAJIAN AHLUL HIKMAH KOMPLEK MUTIARA GAMPONG ALUE AWE

Record Detail

Skripsi

MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE IQRA’ DI BALAI PENGAJIAN AHLUL HIKMAH KOMPLEK MUTIARA GAMPONG ALUE AWE

XML

ABSTRAK
Skripsi ini berjudul Model Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Iqra’ di
Balai Pengajian Ahlul Hikmah Komplek Mutiara Gampong Alue Awe. Dalam
pembelajaran membaca al-Qur’an model dan metode yang digunakan sangat
berpengaruh terhadap keberhasilan membaca al-Qur’an, guru harus mampu
memilih model dan metode yang tepat dan efisien sehingga dapat tercipta proses
pembelajaran yang efektif. Salah satu adalah model Iqra’. Namun permasalahan
yang terjadi dalam penerapan metode Iqra’, salah satunya adalah guru kurang
memahami atau belum menguasai metode Iqra’, sehingga santri kurang
memahami metode Iqra’, selain itu, waktu yang digunakan dalam proses
pengajian Iqra’ untuk santri terlalu singkat. Untuk menjawab permasalahan
tersebut di atas penulis membuat rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana
penerapan model pembelajaran al-Qur’an dengan metode Iqra’ di Balai Pengajian
Ahlul Hikmah Komplek Mutiara Gampong Alue Awe, (2) apa saja kendala
penerapan model pembelajaran al-Qur’an dengan metode Iqra’ di Balai Pengajian
Ahlul Hikmah Komplek Mutiara Gampong Alue Awe. Dengan tujuan: (1) untuk
mengetahui penerapan model pembelajaran al-Qur’an dengan metode Iqra’ di
Balai Pengajian Ahlul Hikmah Komplek Mutiara Gampong Alue Awe, (2) untuk
mengetahui kendala penerapan model pembelajaran al-Qur’an dengan metode
Iqra’ di Balai Pengajian Ahlul Hikmah Komplek Mutiara Gampong Alue Awe.
Penelitian ini bersifat kajian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif,
dilaksanakan pada balai pengajian Ahlul Hikmah Komplek Mutiara Alue Awe.
Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi
data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran alQur’an
dengan metode Iqra’ di Balai Pengajian Ahlul Hikmah Komplek Mutiara
Gampong Alue Awe, yaitu: (a) setiap guru membaca buku Iqra’ pada permulaan
pengajian, (b) guru memberikan kesempatan secara bergiliran kepada santri untuk
membaca buku Iqra’, (c) guru menyimak santri satu persatu, (d) guru mencatat
pada kartu prestasi santri atau pada buku daftar nilai santri, dan (e) guru
memberikan catatan serta nilai yang sesuai dengan capaian dan kemampuan
masing-masing santri, (2) kendala penerapan model pembelajaran al-Qur’an
dengan metode Iqra’ di Balai Pengajian Ahlul Hikmah Komplek Mutiara
Gampong Alue Awe, yaitu: (a) kurangnya dukungan dari orang tua santri, (b)
santri keluar masuk dari kelas untuk membeli jajan saat sedang proses belajar, (c)
santri malas belajar di kelas, (d) kurangnya keseriusan santri dalam belajar, dan
(e) santri kurang disiplin. Sedangkan solusinya yaitu melakukan kerja sama yang
intensif antara guru dengan wali santri, bagi santri yang kurang serius dan suka
mengganggu temannya yang sedang belajar diberikan teguran hingga hukuman,
dan melakukan evaluasi terhadap santri secara bertahap.


Detail Information

Penulis
Asmaul Husna - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108181
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail