PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ADAB MAKAN DAN MINUM DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ADAB MAKAN DAN MINUM DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Dalam proses belajar mengajar, di SMP Negeri 13 Lhokseumawe sebagian
dari siswa-siswi hanya sedikit memahami materi adab makan dan minum, maka
peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini berjudul: Peranan
Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada
Materi Adab Makan Dana Minum Di Kelas VIII SMP Negeri 13 Lhokseumawe. Rumusan masalah pertama, Bagaimanakah Peran Guru Pendidikan Agama Islam
Dalam Meneingkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Adab Makan Dan Minum
Di Kelas VIII SMP Negeri 13 Lhokseumawe?. Kedua Apa Saja Kendala Guru
Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi
Adab Makan Dan Minum Di Kelas VIII SMP Negeri 13 Lhokseumawe?. Tujuan
Penelitian pertama, untuk dapat menjelaskan bagaimanakah peran guru
Pendidikan Agama Islam dalam meneingkatkan pemahaman siswa pada materi
adab makan dan minum di kelas VIII SMP Negeri 13 Lhokseumawe. Kedua,
untuk dapat menggambarkan apa saja kendala guru Pendidikan Agama Islam
dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi adab makan dan minum di
kelas VIII SMP Negeri 13 Lhokseumawe. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode atau penelitian kualitatif dan pendekatan digunakan
adalah penelitian dekriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru pendidikan
agama Islam (PAI) dan siswa kelas VIII. Teknik Pengumpulan data, peneliti
menggunakan beberapa teknik dengan cara melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah peran guru sangat penting
dalam membimbing siswa, diantaranya adalah peran guru sebagai fasilitator, guru
sebagai pengelola, guru sebagai demostrasi, guru sebagai pembimbing, dan guru
sabagai motivasi. Setelah siswa mempelajari lebih dalam tentang materi adab
makan dan minum, siswa sekarang dapat melakukan dengan benar. Siswa merasa
senang setelah mempelajari materi adab makan adan minum sesuai dengan ajaran
Islam. Kendala guru PAI dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi
adab makan dan minum belum ada. Akan tetapi tersebut terdapat pada siswa
sendiri, karena kurangnya perhatian dan dukungan orang tua dalam membimbing
anak untuk memberikan pemahaman tentang adab makan dan minum.


Detail Information

Penulis
LIDA MAULINA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108156
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail